Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengupayakan tim nasional sepak bola mendapatkan pelatih yang memiliki rekam jejak baik, demi kemajuan persepakbolaan nasional.

"Saya kemarin ke luar negeri sedang berikhtiar untuk itu, untuk mencari coach, pelatih, yang menurut saya track recordnya berhasil mengangkat tim dari papan bawah ke atas," kata Presiden saat membuka rapat terbatas bidang politik, hukum, keamanan, kesejahteraan rakyat, dan perekonomian di Jakarta, Senin.

Kepala Negara mengangkat topik sepak bola dalam rapat terbatas terkait keprihatinan Indonesia yang tidak bisa tampil dalam laga internasional di tengah gegap gempita Piala Dunia 2010.

Presiden juga berencana akan memanggil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rita Subowo dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Nurdin Halid untuk membahas kebutuhan pelatih sepak bola yang bisa meningkatkan prestasi tim nasional.

Namun demikian, Presiden Yudhoyono menyadari pelatih bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan tim sepak bola. Sistem yang baik, iklim kecintaan terhadap sepak bola, dan bakat adalah faktor penentu yang lain.

Kepala Negara berharap Kongres Sepak Bola Nasional beberapa waktu lalu bisa dijadikan momentum untuk mencari langkah kongkret untuk meningkatkan prestasi tim nasional sepak bola.

"Kalau tidak ada langkah-langkah kongkret, sampai lebaran kuda kita punya sepak bola ya begini terus," kata Presiden.

Presiden juga berharap, paling tidak tim nasional bisa berprestasi di tingkat Asia Tenggara dalam ajang SEA Games 2011, dimana Indonesia akan menjadi tuan rumah.

"Jangan sampai kita tidak tampil," kata Presiden.
(T.F008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010