Jakarta (ANTARA) - Torino menjauhi ancaman degradasi selepas menghantam AS Roma 3-1 dalam laga pekan ke-31 Liga Italia di Stadion Olimpico Grande, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kemenangan kali ini juga diraih secara gemilang oleh Torino, yang bangkit setelah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol cepat Borja Mayoral.

Belum genap tiga menit pertandingan berjalan, umpan kiriman Pedro Rodriguez mampu diselesaikan dengan baik oleh Mayoral demi memperdaya kiper Vanja Milinkovic-Savic.

Setelah kebobolan, Torino berjuang keras untuk menyamakan kedudukan tetapi tak satu pun dari 14 percobaan tembakan yang mereka lepaskan hingga turun minum membuahkan hasil.

Sebaliknya, Roma juga gagal menggandakan keunggulan mereka termasuk ketika Pedro memperoleh peluang dari tengah kotak penalti yang masih bisa diamankan Milinkovic-Savic lima menit jelang turun minum.

Baca juga: Penalti Andrea Belotti perlebar jarak aman Torino dari zona degradasi

Peruntungan Torino baru berubah pada menit ke-57 saat umpan silang Cristian Ansaldi bisa diselesaikan oleh Antonio Sanabria dengan tandukan jarak dekat demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Pada menit ke-71, Torino akhirnya mampu membalikkan keadaan melalui Simone Zaza yang dengan dingin menyambar bola muntah hasil tembakan Andrea Belotti yang tak diselamatkan sempurna oleh kiper Antonio Mirante.

Roma hampir menyamakan kedudukan lagi pada menit ke-83 melalui situasi sepak pojok, sayang sundulan Edin Dzeko melenceng ke sisi kiri gawang.

Dua menit kemudian Torino mendapat keuntungan besar setelah tamunya harus menuntaskan laga dengan 10 pemain lantaran Amadou Diawara menerima kartu kuning kedua.

Situasi 11 lawan 10 dimanfaatkan dengan baik oleh Torino, yang kemudian mengunci kemenangan 3-1 atas Roma pada menit kedua injury time lewat sepakan kaki kiri Tomas Rincon.

Baca juga: Chris Smalling ditodong dan dirampok maling

Kemenangan itu membawa Torino naik ke peringkat ke-15 klasemen, melompati Fiorentina dan Benevento, berbekal selisih gol kendati ketiga tim sama-sama memiliki 30 poin.

Torino juga kini melebarkan jarak dari zona merah menjadi lima poin, disertai satu laga simpanan yang belum dijalani.

Sedangkan Roma yang berada di posisi ketujuh dengan raihan 54 poin, semakin tergelincir dari persaingan empat besar yang kini berjarak delapan poin jauhnya, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Pada pertandingan selanjutnya, Roma akan menjamu Atalanta di Olimpico pada Kamis (22/4), sehari setelah Torino melawat ke markas Bologna.

Baca juga: Atalanta pecundangi Juventus, Milan kembali dekati Inter
Baca juga: Udinese benamkan Crotone ketika Sampdoria bangkit tundukkan Verona

Baca juga: Mulai Mei, Italia akan izinkan 1.000 penonton masuk stadion

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021