Yang menekan sentimen adalah penguncian selama tiga hari yang diumumkan pada Jumat (23/4/2021) di ibu kota Australia Barat, Perth, setelah dua orang dinyatakan positif COVID-19.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia melemah pada awal perdagangan Senin pagi, ketika kerugian di saham penambang emas dan teknologi diimbangi oleh keuntungan di bank dan penambang material yang naik setelah harga bijih besi menguat.

Indeks acuan S&P/ASX 200 turun 0,13 persen menjadi 7.052,20 poin pada pukul 0105 GMT, setelah naik sebanyak 0,2 persen.

Yang menekan sentimen adalah penguncian selama tiga hari yang diumumkan pada Jumat (23/4/2021) di ibu kota Australia Barat, Perth, setelah dua orang dinyatakan positif COVID-19.

Baca juga: Saham Aussie stabil, sektor tambang dan energi imbangi kenaikan bank

Persentase keuntungan tertinggi pada indeks acuan adalah NIB Holdings, melonjak lebih dari 13 persen, diikuti oleh Perpetual yang terangkat 5,5 persen. Pencetak kerugian teratas adalah JB Hi-Fi dan Silver Lake Resources, masing-masing turun 3,0 persen.

Di antara keuntungan lainnya, penambang kelas berat naik 0,5 persen ke level tertinggi sejak 4 Maret karena harga bijih besi diperdagangkan mendekati rekor tertinggi ketika permintaan baja global menguat.

Raksasa pertambangan BHP Group dan Rio Tinto masing-masing naik sekitar 1,4 persen dan 1,0 persen.

Baca juga: Pasar saham Asia dibuka menguat, fokus pertemuan Fed dan PDB AS

Sektor perbankan menguat 0,8 persen ke level tertinggi sejak 26 Februari, dengan Bendigo, Adelaide Bank dan AMP Ltd masing-masing naik sekitar 0,5 persen.

Westpac menambahkan satu persen untuk menandai kenaikan sesi ketiga berturut-turut, setelah mengatakan pihaknya memperkirakan keuntungan bersih 288 juta dolar Australia (223,14 juta dolar AS) atas investasinya di bursa mata uang kripto Coinbase Global.

Saham-saham penambang emas mencatat persentase kerugian terbesar karena harga emas turun di tengah data ekonomi AS yang kuat. Indeks emas tergelincir lebih dari 2,0 persen, dengan De Grey Mining Ltd jatuh 7,5 persen dan Evolution Mining Ltd kehilangan 2,7 persen.

Saham sektor teknologi melemah 0,6 persen, berbalik arah dari kenaikan 0,4 persen di awal sesi, dengan Xero Ltd dan WiseTech Global masing-masing merosot sekitar 1,0 persen.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021