Medan (ANTARA News) - Indra Gunawan, perenang Sumatera Utara peraih medali emas di SEA Games 2009 Laos, kini ditangani pelatih Hongaria, Sandor Ban.

"Pelatih renang Hongaria itu merupakan salah satu yang terbaik di negara tersebut, dan kami berharap bisa melahirkan Indra Gunawan menjadi perenang dunia," kata Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumut, Rudi Rinaldi, di sela pembukaan Liga Futsal Antarmedia SIWO PWI Sumut di Medan, Sabtu.

Dengan latihan ekstra ketat dan disiplin yang tinggi, dia menyakini Indra Gunawan bisa menjadi perenang terbaik di Asia. Apalagi hal ini merupakan cita-cita dari atlet bersangkutan.

Rinaldi lantas mencontohkan ketika Indra Gunawan berlatih di Seremban, Malaysia. Selama hampir dua tahun lamanya berguru renang di negara jiran itu, Indra bisa menorehkan prestasi dengan meraih medali emas di PON XVII 2008 di Kaltim dan SEA Games 2009 Laos.

Selanjutnya, dengan berlatih di Hongaria itu, dia mengasakan Indra Gunwan juga bisa meraih medali emas di Asian Games Ghuangzhou, China, pada November 2010.

"Indra Gunawan selama ini dikenal sebagai perenang yang punya pendirian yang kokoh dan komitmen sehingga diharapkan selama berlatih di luar negeri akan sukses," ujarnya.

Menyinggung tempat berlatih Indra di Hongaria itu, Rinaldi mengatakan di sebuah kota bernama Hodmezovasarhely. Kota ini cukup sepi dan penduduknya tidak begitu banyak.

Namun, kata dia, udaranya cukup bagus dan bersih sehingga warga yang tinggal di kota itu tetap hidup sehat. "Kota itu memang pantas sebagai tempat tinggal bagi atlet yang sedang berlatih," katanya.

Indra Gunwan berlatih di Hongaria itu, kata Rudi Rinaldi, untuk menimba pengalaman karena dia salah satu atlet yang akan mewakili tim renang Indonesia ke Asian Games Ghuangzhou, China.

"Kami berharap Indra Gunawan bisa meraih prestasi yang terbaik pada Asian Games di negeri `tirai bambu` itu," kata Rinaldi.

Pada SEA Games 2009 di Laos, Indra Gunawan meraih medali emas (gaya ganti putra) dan medali perak (100 meter gaya dada putra).

Bahkan, Indra Gunawan juga berhasil memecahkan rekor SEA Games dengan catatan waktu 03.41.72 detik, atau lebih cepat dari perenang Malaysia yang juga pernah membukukan rekor pada 3 Agustus 1997 dengan catatan waktu 03.45.61 detik. (*)

M034/D007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010