Bastad, Swedia (ANTARA News) - Petenis Spanyol Nicolas Almagro lolos dari pertandingan tiga set yang sulit untuk mengalahkan unggulan teratas dan juara bertahan Robin Soderling pada final turnamen lapangan tanah liat ATP Swedia Terbuka, Minggu.

Petenis berusia 24 tahun itu selamat meskipun kehilangan set kedua untuk menang 7-5, 3-6, 6-2 hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Ini merupakan gelar ATP-nya yang keenam dan yang pertama pada 2010, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Hebat rasanya menang di sini," kata Almagro. "Selalu luar biasa menang di final dan saya sangat gembira dengan (apa yang terjadi) pekan ini. Saya akan menikmati momen ini dan kemudian menyiapkan diri untuk pekan depan di Hamburg."

Set pertama berlangsung dengan mempertahankan servis masing-masing hingga kedudukan 5-5 ketika Soderling, favorit tuan rumah, berada di bawah tekanan pemain spesialis lapangan tanah liat itu.

Petenis Swedia tersebut tiga kali selamat dari "break point" sebelum memberi Almagro keuntungan. Petenis Spanyol itu bertahan untuk unggul satu set.

Namun Soderling, meningkatkan permainannya pada set kedua untuk menyamakan kedudukan sebelum kembali memberi keuntungan pada set ketiga.

Petenis Swedia tersebut sudah mengalahkan petenis Italia Andreas Seppi dan petenis Spanyol David Ferrer dalam tiga set untuk mencapai final tetapi kali ini terlalu jauh saat ia kehilangan servisnya duakali berturut-turut sehingga memberikan gelar juara kepada Almagro.

"Saya tidak memainkan tenis terbaik saya," kata petenis Swedia yang pada Mei lalu juga kalah di final Prancis Terbuka oleh Rafael Nadal.
(F005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010