Jakata (ANTARA News) - Dov Simens, pelatih akting asal Hollywood, Amerika Serikat (AS) akan membuka pelatihan "2 Day Film School" pada 24-25 Juli  di Hotel Manhattan, Kuningan - Jakarta.

"Dov adalah guru besar di Hollywood dan akan membagi ilmunya kepada  artis senior, yunior dan artis pendatang baru," Kata Shankar RS, produser yang memprakarsai pelatihan tersebut.

Dov Simens melatih selebriti Hollywood seperti Quentin Tarantino, Will Smith, George Clooney dan Queen Latifah.

"Pelatihan ini merupakan sejarah bagi perfilman Indonesia karena belum ada pelatihan sebelumnya yang memanggil guru langsung dari Hollywood," kata Shankar awal pekan ini.

Shankar mengatakan pelatihan itu diharapkan dapat mengasah talenta-talenta insan perfilman Indonesia yang masih terpendam sehingga bisa mengangkat perfilman nasional.

Dalama pelatihan tersebut, Dov Simens akan mengajarkan cara membuat film sekaligus kiat memasarkan film hingga bisa meraih sukses secara komersil.

"Saya tidak akan mengajari anda bagaimana membuat film tapi bagaimana membuat film yang bisa mendatangkan uang untuk anda dan dalam dua hari akan saya berikan kunci teori perfilman yang orang butuhkan dalam empat tahun di perkuliahan," kata Dov Simens.

Dov Simens pernah menjadi pengajar studi film di beberapa universitas terkenal AS seperti UCLA, USC, dan NYU. Dia juga akan mengajarkan cara agar suatu film dapat bersaing dalam kompetisi perfilman internasional seperti Sundance Film Festival dan Cannes Film Festival.

Dov dalam pelatihannya akan mengadakan kompetisi untuk sutradara film terbaik dengan hadiah Rp25 juta dan penulis skenario terbaik Rp15 juta rupiah. Para pemenang akan diajak bekerjasama dengan para industri film di AS.(ADM/A038/BRT)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010