Liga Europa

Edinson Cavani pimpin Manchester United hajar Roma 6-2 di leg pertama

Edinson Cavani pimpin Manchester United hajar Roma 6-2 di leg pertama

Penyerang Manchester United Edinson Cavani mencetak gol ketiga timnya ke gawang AS Roma dalam leg pertama semifinal Liga Europa di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (29/4/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Phil Noble.

Jakarta (ANTARA) - Edinson Cavani memimpin Manchester United menghajar AS Roma dengan skor telak 6-2 dalam leg pertama semifinal Liga Europa di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Penyerang gaek asal Uruguay itu membukukan dua gol dan dua assist dalam kemenangan MU diikuti sumbangan dua gol Bruno Fernandes serta masing-masing satu gol dari Paul Pogba dan Mason Greenwood, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu jelas jadi modal penting bagi MU yang selanjutnya butuh hanya hasil imbang ketika bertandang ke markas Roma di Olimpico untuk leg kedua pada Kamis (6/5) pekan depan.

Pertandingan belum genap berusia dua menit ketika Jordan Veretout meringis kesakitan di dekat tiang sepak pojok MU dan Roma dipaksa menggunakan slot pergantian pemain pertama mereka untuk memasukkan Gonzalo Villar.

Di tengah situasi itu, pasukan Setan Merah membuka keunggulan lewat tembakan congkel Fernandes menyelesaikan umpan sodoran Cavani demi memperdaya kiper Pau Lopez.

Namun keunggulan itu tidak bertahan lama, sebab enam menit kemudian Roma mampu menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Lorenzo Pellegrini yang tak bisa dijangkau kiper David de Gea.

Baca juga: Solskjaer ingin lepas kutukan semifinal saat jumpa Roma

MU berusaha merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-25 sayang tembakan Pogba bisa ditepis oleh Lopez dan bola muntah yang disambar Aaron Wan-Bissaka berhasil dihalau oleh Leonardo Spinazzola.

Ironisnya penyelamatan itu membuat Lopez harus ditarik keluar dan digantikan oleh Antonio Mirante pada menit ke-28.

Kesialan Roma sepertinya raib ketika mereka mampu berbalik memimpin atas tuan rumah pada menit ke-33, setelah umpan matang Pellegrini diselesaikan dengan sontekan sempurna oleh Edin Dzeko demi membawa tim tamu unggul 2-1 atas MU.

Di pengujung injury time babak pertama, lini belakang Roma hampir melakukan blunder krusial beruntung Mirante sigap keluar dari sarangnya menggagalkan peluang Cavani demi menjaga keunggulan tim tamu hingga turun minum.

Baca juga: Luke Shaw berambisi bawa Manchester United ke final Liga Europa
Baca juga: Roma sudah tahu rahasia kalahkan MU dari "orang dalam"


Tiga menit memasuki babak kedua, MU mampu membuat kedudukan kembali imbang lewat gol Cavani yang menyelesaikan umpan Fernandes dengan sepakan yang bersarang ke pojok area tiang jauh.

MU perlahan mengambil alih kendali permainan dan pada menit ke-64 Cavani mampu mencetak gol keduanya lewat sontekan mudah menyambar bola muntah hasil tembakan Wan-Bissaka yang gagal diselamatkan sempurna oleh Mirante demi membuat tuan rumah berbalik memimpin 3-2.

Momentum kebangkitan terus dikendarai oleh MU dan pada menit ke-71, giliran Fernandes yang mencetak gol keduanya lewat eksekusi penalti setelah Cavani dijatuhkan oleh mantan bek Setan Merah, Chris Smalling.

Empat menit berselang, MU kian menegaskan keunggulan mereka menjadi 5-2 saat Pogba menanduk bola sepak pojok kiriman Fernandes.

MU terus menjaga kendali permainan dan pada menit ke-86 Greenwood turut mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakan keras menyelesaikan umpan kiriman Cavani.

Baca juga: Bruno Fernandes ingin latih MU suatu saat nanti
Baca juga: Unai Emery desak Arsenal beri Arteta waktu lebih lama
Baca juga: Liga Europa: MU dan Arsenal jaga peluang ciptakan final All-English

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hoaks Atau Benar - COVID-19 sama dengan Flu biasa? Tak bermasker SNI akan dipenjara?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar