Jakarta (ANTARA) - Ajax melegalisir gelar juara Liga Belanda musim ini seusai mencukur Emmen 4-0 dalam laga pekan ke-31 di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu.

Ajax yang berada di puncak kini mengoleksi 79 poin dan sudah dipastikan tidak akan bisa dikejar oleh PSV Eindhoven yang tertinggal 15 poin di posisi kedua.

Sedangkan Emmen (24), yang harus rela catatan nirkalah delapan pertandingan beruntunnya musnah, tertahan di urutan ke-16 alias zona playoff promosi-degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax "kunci" gelar juara Liga Belanda seusai kalahkan AZ Alkmaar

Ajax yang memasuki pertandingan hanya butuh satu poin untuk jadi juara membuka keunggulan atas Emmen saat pertandingan belum genap berusia 10 menit melalui kesigapan bek muda Jurrien Timber menyambar bola muntah hasil tembakan Dusan Tadic yang membentur mistar gawang.

Kendati tampil dominan, Ajax belum mampu menambah keunggulan mereka hingga turun minum, demikian juga Emmen yang gagal memanfaatkan empat peluang sepanjang babak pertama.

Keunggulan tuan rumah akhirnya digandakan oleh pemain termahal mereka, Sebastien Haller, yang menyelesaikan umpan terobosan Davy Klaassen dengan sepakan kaki kiri terukur di muka gawang Emmen pada menit ke-61.

Baca juga: Sebastien Haller nikmati penampilan perdana di hadapan suporter Ajax

Lima menit berselang giliran Devyne Rensch yang menjebol gawang Emmen dengan tandukan jarak dekatnya menyambut umpan Tadic demi menambah keunggulan Ajax jadi 3-0.

Davy Klaassen yang pekan lalu jadi bintang kemenangan Ajax turut mencatatkan namanya di papan skor laga kali ini pada menit ke-74 dengan sundulannya untuk mencetak gol keempat tuan rumah.

Tadic hampir melengkapi kemenangan Ajax pada menit ke-80, sayang sundulannya sedikit melenceng dan skor 4-0 atas Emmen tak berubah hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim sama-sama akan main pada Minggu (9/5) pekan depan, saat Ajax melawat ke De Kuip menghadapi Feyenoord dan Emmen menjamu Groningen di De Oude Meerdijk.

Baca juga: Ajax pertahankan Erik ten Hag sampai 2023

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021