Jadi sekarang sudah lima atlet yang sudah lolos ke Tokyo
Jakarta (ANTARA) - Jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Tokyo terus bertambah dan kali ini datang dari cabang olahraga senam yang memastikan satu tiket ke kejuaraan multi event paling bergengsi di dunia itu.

"Benar, senam dapat satu tiket ke Olimpiade Tokyo," kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari di sela temu media yang digagas Kemenpora di Jakarta, Selasa.

Meski demikian, pria yang akrab dipanggil Okto ini tetap memberi bocoran nama atlet senam yang bakal mewakili Indonesia pada kejuaraan empat tahunan yakni Rifda Irfanaluthfi yang bakal turun pada nomor all around.

Baca juga: Zohri ingin fokus berlaga di Olimpiade meski dijanjikan bonus

"Jadi sekarang sudah lima atlet yang sudah lolos ke Tokyo. Jumlah ini akan terus bertambah karena kualifikasi baru selesai pada Juni nanti," kata Okto menambahkan.

Selain Rifda Irfanaluthfi, atlet yang sudah memegang tiket ke Olimpiade Tokyo adalah Lalu Muhammad Zohri dari atletik, Riau Ega Agatha dan Diananda Chairunisa dari panahan serta Vidya Rafika Rahmatan Thayiba dari cabang olahraga menembak.

Sebenarnya, kata Okto, sudah ada beberapa atlet yang bakal memperkuat Indonesia di Tokyo terutama dari cabang bulu tangkis. Hanya saja hingga saat ini kualifikasi belum tuntas sehingga nama-nama atlet belum diumumkan secara resmi. Begitu juga dengan angkat besi.

Baca juga: PRSI datangkan pelatih renang dari Australia demi Olimpiade

"Bulu tangkis harapannya bisa mengirim 11 sampai 13 atlet. Tunggu kualifikasinya selesai," kata pria yang sebelumnya juga menjadi Ketua Umum PB ISSI itu.

Okto menjelaskan, bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu menyumbangkan emas. Bahkan KOI/NOC menargetkan dua emas dari cabang olahraga tepok bulu itu.

"Target kami dua emas. Bisa saja lebih. Target ini kami putuskan dari hasil sport intelligent yang sudah kami lakukan," pungkas Okto.

Selain bulu tangkis, harapan untuk mendulang medali berasal dari cabang angkat besi lewat Eko Yuli Irawan. Tidak hanya itu. Panahan juga diharapkan mampu membuat kejutan termasuk dari cabang olahraga lain yang masih menjalani kualifikasi seperti kano, kayak hingga karate.

Baca juga: Delapan atlet dayung Indonesia bertekad rebut tiket olimpiade
Baca juga: Eko Yuli tunjukkan kemajuan pada tes internal jelang Olimpiade Tokyo

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021