AWS gandeng Midtrans dukung adopsi cloud untuk UMKM

AWS gandeng Midtrans dukung adopsi cloud untuk UMKM

Ilustrasi Amazon Web Service (AWS) (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Amazon Web Services, Inc. (AWS), salah satu perusahaan milik Amazon.com mengumumkan kolaborasinya bersama perusahaan payment gateway Midtrans dengan membuat platform Pojok Usaha.

Platform ini diharapkan mampu mendukung simplifikasi dalam pengadopsian teknologi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan menghadirkan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan layanan cloud AWS serta mengakses beragam solusi bisnis dan pembayaran dari Midtrands, maupun dari mitra-mitra teknologi keduanya.

Baca juga: AWS Permudah Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Machine Learning Berbasis Cloud

"Midtrans bersama AWS berkomitmen untuk mendukung ribuan UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi operasional agar mereka dapat terus meningkatkan pertumbuhannya. Dengan mempercepat perjalanan cloud para pelaku usaha tersebut diharapkan akan dapat memperkokoh terciptanya inovasi, sekaligus mendorong terbangunnya sebuah perekonomian yang inklusif di Indonesia," kata Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto, melalui keterangannya, Rabu.

Melalui platform ini, AWS dan Midtrans bertekad untuk mendorong pertumbuhan bagi lebih dari 10 ribu UMKM di Indonesia di tahun pertama mereka bergabung dengan Pojok Usaha.

Baca juga: Amazon Web Services rencanakan region baru di Indonesia

Midtrans dan AWS bersama-sama membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka di cloud, meningkatkan eksistensi mereka di kancah daring, serta menciptakan peluang pendapatan serta efisiensi-efisiensi baru melalui pendayagunaan teknologi.

"Teknologi cloud tidak saja mendorong terlaksananya transformasi bisnis di perusahaan-perusahaan besar yang telah mapan, namun lebih dari pada itu, mampu membuka diraihnya peluang-peluang baru bagi perusahaan-perusahaan di industri konsumsi yang bergerak cepat dalam berinovasi, bertumbuh, dan memperluas bisnis mereka hingga ke kancah internasional," imbuh Gunawan.

Platform Pojok Usaha yang dikelola oleh Midtrans ini menawarkan beragam solusi yang relevan, terjangkau dan telah terkurasi, yang dirancang untuk dapat memudahkan pelaku UMKM dalam mendigitalisasi operasional mereka dengan cepat di area-area seperti marketing, akuntansi, SDM, logistik, pembayaran dan point-of-sale, hingga dalam berkolaborasi secara daring.

Sejumlah layanan AWS bagi UMKM yang tersedia di platform tersebut, contohnya seperti Amazon Lightsail, Amazon WorkDocs, serta Amazon Chime.

Pojok Usaha berjalan di atas layanan-layanan AWS, seperti Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), yakni sebuah layanan web yang menghadirkan kapasitas komputasional yang aman dan bisa diskalakan ulang di cloud, serta Amazon Relational Database Service (Amazon RDS) yang memudahkan pengguna dalam menyeting, mengoperasikan, dan melakukan penskalaan database relasional di cloud.

Pojok Usaha menawarkan kemudahan akses bagi UMKM yang bergabung ke Midtrans, sebuah layanan pemrosesan pembayaran untuk segala skala usaha.

Pojok Usaha juga menawarkan beragam solusi yang berada di bawah prakarsa Melaju Bersama Gojek bagi merchant yang bergabung, seperti Moka, GoBiz, Selly, serta GoSend.

"Midtrans berkomitmen untuk mendukung usaha di tahap pertumbuhan manapun mereka berada saat ini, melalui solusi-solusi pembayaran kami yang komprehensif. Ini penting, terlebih di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, masyarakat banyak yang bergantung pada layanan-layanan digital," kata Chief Operating Officer Midtrans Leonard Haidy.

"Kehadiran solusi-solusi bisnis melalui Pojok Usaha memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah dalam mendigitalisasikan operasional mereka, memperkokoh dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka, terlepas dari skala bisnis yang mereka jalankan," pungkasnya.


Baca juga: AWS luncurkan Edge Location perdana di Indonesia

Baca juga: Survei: Indonesia butuh ratusan juta pekerja digital pada 2025

Baca juga: Pandemi tak halangi Amazon Web Service buka pusat data di Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tanaman keladi jadi pilihan di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar