Jakarta (ANTARA) - Walau memasuki tahun kedua pandemi COVID-19 dan ada larangan mudik, Anda tetap bisa bersilaturahmi dengan rekan dan kerabat Anda saat Hari Raya Idul Fitri misalnya melalui hantaran makanan buatan Anda misalnya ketupat dan lauk pauknya yakni opor ayam, rendang, sambal goreng ati dan lainnya.

Makanan homemade dikatakan memberi arti yang lebih personal sehingga lebih berkesan bagi penerima masakan kiriman Anda. Tetapi tantangannya, ketika harus memasak dalam jumlah banyak, perlu waktu persiapan yang cukup, dengan jenis bahan makanan dan bumbu yang sangat mungkin bermacam-macam.

Baca juga: Bosch dan Microsoft kerja sama bangun platform untuk otomotif

Food Industry Asia menemukan, selain mempertimbangkan rasa yang lezat (23,5 persen), lebih sehat (16,58 persen), dan biaya yang efisien (9,88 persen), masyarakat Indonesia ternyata mulai mempertimbangkan kemudahan persiapan (6,32 persen) dalam memilih sebuah menu makanan.

Ini sejalan dengan tren food prep yang semakin meningkat. Food prep (dari istilah utuh food preparation) merupakan teknik menyiapkan bahan makanan dalam jumlah banyak, termasuk perencanaan menu dan proses pengolahan bahan mentah, untuk memangkas waktu persiapan dan memasak.

"Mengirimkan makanan buatan sendiri kepada sanak famili, atau bahkan kalangan yang membutuhkan, menjadi bentuk berbagi kebahagiaan yang semakin bermakna. Namun, proses persiapan memasaknya kerap dianggap merepotkan karena menguras energi dan waktu. Yang kemudian terjadi, rencana untuk mengirimkan makanan homemade pun Anda urungkan," kata Marketing Executive Bosch Home Appliances Indonesia, Pratiwi Lestari dalam siaran persnya, ditulis Kamis.

Menurut dia, kuncinya adalah penggunaan kitchen appliance yang tepat, salah satunya food processor yang dapat membuat persiapan memasak Anda di dapur menjadi cepat, praktis dan antiribet. Kemudian, untuk lebih memudahkan menyiapkan makanan Anda berikut lima caranya dari Bosch Home Appliances:

1. Pilih menu simpel
Tentukan menu yang mudah untuk dimasak. Ingat, food prep berarti menyiapkan makanan dalam jumlah banyak. Hitung berapa porsi yang perlu Anda masak, catat bahan-bahannya. Usahakan untuk memilih bahan yang tidak perlu diproses berkali-kali dan dapat disimpan atau digunakan lagi jika diperlukan.

2. Atur dapur
Agar Anda tidak membuang waktu di dapur, rapikan peralatan masak Anda dan letakkan sesuai kebutuhan pakai. Tentukan lokasi yang memudahkan Anda untuk menjangkaunya. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat atau kontainer khusus bahan-bahan masakan. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dan cepat menemukan bahan yang diperlukan sebelum mulai memasak.

3. Kurangi ribet
Tergantung pilihan menu Anda. Memasak memiliki tahapan yang beragam dengan berbagai tingkat kesulitan. Pilih "pendamping" masak yang mampu meringkas proses memasak Anda, termasuk saat persiapannya. Food processor bisa Anda prioritaskan karena keunggulan multifungsinya; mulai mengiris, mencincang, menguleni, sampai menggiling adonan.

4. Pilah, atur, simpan
Setelah persiapan tuntas, tempatkan masing-masing bahan masakan yang sudah diproses (diiris, dicincang, digiling, dsb) di wadah terpisah. Apabila tidak segera Anda masak, simpan di wadah tertutup dan berikan label penanda (termasuk tanggal pembelian bahan tersebut), lalu simpan di kulkas - jika perlu.

Anda bisa melakukan food prep pada beberapa kelompok bahan makanan yakni:

- sayur-sayuran segar: kacang polong, brokoli, kembang kol, wortel, seledri, paprika, buncis
- umbi-umbian: kentang, ubi, labu
- protein: makanan laut beku atau kalengan, telur, keju, tahu, potongan ayam tanpa lemak, daging sapi
- segala jenis buah-buahan segar
- kacang dan biji-bijian: almond, kenari, kacang tanah

5. Bersihkan alat usai pakai
Segera bersihkan alat-alat yang sudah digunakan untuk persiapan memasak Anda. Ketahui cara perawatan yang tepat untuk perkakas dapur yang Anda pakai. Untuk membersihkan Bosch MultiTalent 3 Food Processor, contohnya, Anda tak perlu menyentuh pisau pemotongnya ketika akan dibersihkan.

Tipsnya:
- kembalikan mangkuk adonan ke posisi semula, pasang pada mesin dan tutup
- nyalakan mesin dan sisa-sisa makanan atau adonan akan menepi dengan sendirinya, mengumpul di dinding mangkuk
- buang sisa-sisa adonan yang telah terkumpul tersebut
- tuang air hangat dengan sabun ke dalam mangkuk
- nyalakan kembali mesin selama beberapa detik, setelah itu bilas
- Bosch MultiTalent 3 Food siap Anda simpan untuk episode persiapan memasak Anda berikutnya


Baca juga: Menu Ramadhan - Putu Mayang untuk sambut lebaran

Baca juga: Buras menu wajib Sandi Sute saat Lebaran

Baca juga: Menu Lebaran - Ayam Hijau

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021