Jakarta (ANTARA) - Lima pemain Indonesia Patriots yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) tim nasional (timnas) basket Indonesia tetap menjalani latihan selama Ramadhan, namun tim pelatih menyiasatinya dengan mengubah jadwal latihan menjadi malam hari saja.

Asisten pelatih timnas basket Indonesia Wahyu Wijayat Jati mengatakan latihan dilakukan setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 20.00 WIB di GBK Arena Senayan, Jakarta.

“Selama latihan, kami cuma conditioning kemudian melakukan skill development dan review play juga shooting," kata Wahyu dalam siaran pers PP Perbasi, Kamis.

Menu latihan itu diberikan agar para pemain tidak kesulitan saat menerima materi dari pelatih kepala timnas Rajko Toroman yang akan segera bergabung di Jakarta pada Juni mendatang.

Pemusatan latihan timnas basket Indonesia telah berlangsung sejak 3 Mei. Ada lima pemain muda yang dipanggil dalam TC tahap awal, yakni Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane, yang semuanya merupakan bagian skuad Indonesia Patriot pada fase pertama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021. 

Baca juga: Perbasi panggil lima pebasket untuk perkuat timnas 
Baca juga: Perbasi ajukan tambahan pemain naturalisasi untuk FIBA Asia Cup 2021 


Mereka nanti akan bergabung dengan para pemain senior yang baru bakal bergabung latihan pada Juni mendatang setelah kompetisi IBL selesai.

Wahyu menjelaskan meski latihan sudah berlangsung selama tiga hari, tim pelatih belum bisa mengukur progres kondisi fisik para pemain karena sedang berpuasa.

“Karena puasa, pasti turun kemampuan fisik mereka. Saya tidak bisa bilang saat ini fisik pemain sudah berapa persen karena belum dilakukan tes," ucap Wahyu.

“Kami hanya persiapkan pemain untuk TC di bawah arahan Coach Toroman. Kalau dari sisi saya, mungkin headcoach mempersiapkan pemain pelapis untuk timnas senior yang mumpuni. Dan dia melihat, ada di kelima pemain itu," sambung dia.

Latihan timnas basket akan disetop sementara pada 7 Mei untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, dan dilanjutkan usai libur Lebaran.

Timnas basket Indonesia masih mempunyai satu jendela Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang dijadwalkan di Clark City, Filipina pada Juni sebelum tampil pada ajang FIBA Asia Cup 2021 di Istora Senayan Jakarta, 17-27 Agustus mendatang. 

Baca juga: Jadwal Indonesia pada lanjutan Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 
Baca juga: Andakara Prastawa jadi vegetarian demi turunkan berat badan 
Baca juga: Persiapan FIBA Asia Cup 2021, timnas basket mulai latihan Mei 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021