Palembang (ANTARA News) - Striker Budi Sudarsono memastikan diri bergabung dengan Sriwijaya Football Club pada musim kompetisi depan (2010-2011) setelah mengikuti latihan perdana klub itu bersama 15 pemain lainnya, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Senin sore.

Ke-15 pemain lainnya itu, sebelas di antaranya adalah pesepak bola yang dinyatakan lulus seleksi pemain usia muda pada 4-6 Agustus 2010, yakni M Sobran (Persiba Balikpapan), Rahmad Darmawan (SFC U-21), Alfan (SFC U-21), Rizky (SFC U-21), Dwi Rohnajaya (SFC U-21), Reza (SFC U-21), Jakcy Arisandi (SFC U-21), dan Andi Irawan (SFC U-21). Ditambah, empat pesepakbola dari PS Semen Padang yakni, Hengky Ardiles, Bayu Yasa, Dirga Lasut, dan Dodi Kuswara.

Sementara, tiga pemain lain yang juga ikut latihan, dua pemain asing yang masih dalam tahap seleksi yakni Leonardo Felicia (Mitra Kukar) dan Dusan Bogdanovic (Serbia), dan Supardi (Pelita Jaya) yang telah mengikat kontrak seperti halnya Budi Sudarsono.

Pada latihan perdana itu, tidak nampak satu pun pemain pilar SFC musim lalu, dan hanya ada satu muka lama, yaitu kiper keempat SFC Andi Irawan.

Pada pembukaan sesi latihan itu pelatih ayar SFC Ivan Kolev sempat memperkenalkan diri dan berbincang dengan pemain selama beberapa menit sebelum memberikan menu latihan untuk mengembalikan fisik pemain yang diselingi dengan "game".

Ivan sengaja memberikan menu latihan cukup berat di hari pertama itu agar pemain langsung mengembalikan fisik dan mentalnya setelah libur dari kompetisi.

"Latihan tadi sebenarnya belum masuk menu latihan fisik. Akan ada latihan yang lebih berat dari itu. Sebab saya mau pemain memiliki kemampuan fisik dan stamina yang bagus," kata dia.

Dia mengaku, belum lengkapnya pemain menjadi kendala tersendiri baginya untuk melihat kemampuan pemainnya.

"Waktu persiapan sedikit. Pemain tidak lengkap, jelas menjadi masalah. Tapi mudah-mudahan besok atau lusa jumlah pemain yang ikut latihan bertambah," kata Kolev.

Dia mengatakan, pemain yang mengikuti latihan perdana ini adalah sebagian besar pemain yang masih dalam proses seleksi.

"Bisa saja diambil semuanya kalau mereka menunjukkan kemampuan terbaiknya selama latihan. Termasuk diantaranya dua pemain asing yang didatangkan manajemen hari ini," kata dia.

Direktur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin yang juga hadir memantau latihan perdana itu menyatakan optimis secara berangsur-angsur para pemain baik yang lama maupun baru akan bergabung dalam waktu dekat.

"Para pemain memang tidak secara bersamaan datangnya. Ada yang masih menyelesaikan masa kontraknya di klub lama, ada yang masih negosiasi dengan kami (manajemen-red). Namun ada juga pemain yang sudah deal tapi minta waktu untuk liburan," ujar dia.

Dia menambahkan, namun manajemen memberikan deadline hingga 20 Agustus 2010.(*)

(ANT-039/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010