Palembang (ANTARA News) - Anggaran untuk SEA Games XXVI pada tahun 2011 bakal dianggarkan dana sebesar Rp1 triliun, kata Ketua Komisi X DPR RI, H Mahyuddin NS di Palembang.

Menurut dia, pada tahun 2011 untuk SEA Games dianggarkan Rp1 triliun yang akan dibagi dua, karena pelaksanaan pesta olahraga dua tahunan tersebut dilaksanakan di dua tempat.

Mengenai besaran jumlahnya, tergantung dengan keperluan masing-masing daerah tempat pelaksanaan SEA Games, Palembang dan Jakarta, katanya.

Ia menyatakan, dana sebesar Rp1 triliun itu untuk penambahan dan renovasi venues-venues yang akan digunakan pada SEA Games nanti.

Selain itu, dana tersebut digunakan untuk pelaksanaan pembukaan dan penutupan serta pembiayaan pelaksanaan turnamen dari SEA Games, ujarnya.

Sementara, lanjutnya, pada tahun 2010 ini dianggarkan dana sebesar Rp350 miliar untuk perbaikan venue dan pembinaan atlet yang tadinya di empat provinsi.

Karena sekarang pelaksanaan SEA Games di dua tempat, maka akan dirivisi lagi, kata anggota dewan dari Partai Demokrat tersebut.

Ia menyatakan, sekarang ini dua tempat pelaksanaannya, nanti tergantung dengan kebutuhan, karena itu akan dibahas lagi.

Ia menuturkan, untuk wisma atlet di Palembang diperjuangkan dananya Rp200 miliar dan itu diluar dana Rp350 miliar tersebut.

Anggaran dana Rp200 miliar itu khusus untuk Sumsel, sedangkan dana Rp350 miliar itu dibagi tergantung dengan berapa venues yang akan dibangun, demikian Mahyuddin.(*)
(ANT-038/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010