Banyuwangi (ANTARA News) - Beragam cara dilakukan warga muslim dalam beramal selama menunaikan ibadah puasa ramadhan. Seperti yang dikerjakan Haji Abdul Karim dan Hajjah Musyarrofah, warga Dusun Kebonrejo Desa Gentengwetan Kecamatan Genteng Banyuwangi yang terbilang unik ini dengan membuat Mushaf Al Qur'an raksasa yang akan diselesaikan di bulan suci Ramadhan ini.

Tidak tanggung - tanggung Mushab Al Qur`an yang akan dibuat Abdul Karim berukuran 1,5 meter kali 2 meter, dengan ukuran tinggi huruf alif pada Mushaf Al Qur`an karya seni Abdul Karim mencapai tujuh centimeter dan lebar masing - masing huruf satu centimeter. Sedang untuk menandai masing - masing ayat dalam lembaran mushaf Al Qur`an raksasa ini menggunakan stiker khusus sehingga menimbulkan kesan indah serta artistik.

Sang penggagas Mushaf Al Qur`an raksasa, Abdul Karim ketika ditemui ANTARA, Jumat, sedang asyik menggoreskan kanvas di lembaran kertas putih yang telah disiapkan untuk merampungkan mushaf Al Qur`an raksasa tersebut.

Tanpa mengenal lelah, Abdul Karim, mengaku pembuatan maha karya seninya itu sudah dimulai sejak 1 Januari 2010 lalu dan direncanakan sudah selesai pada 27 Ramadhan 1431 Hijrah mendatang.

"Saat ini saya tinggal selesaikan satu setengah juz akhir pada Al Qur'an," ungkapnya.

Untuk menbuat Mushaf Al Qur`an raksasa ini Abdul Karim memakai kertas khusus yang didatangkan dari Jepang. Begitu pula untuk tetap menjaga kesucian mushab Al Qur'an karya tulisan tangannya ini telah dibuatkan kotak khusus yang terbuat dari kayu jati.

Mushaf Al Qur'an tulisan tangan Abdul Karim itu mengkolaborasikan Mushaf Al Qur' an gaya timur tengah dengan gaya Indonesia yang dilengkapi pula dengan tanda kharokat.

Menurutnya, hal itu di maksudkan untuk memudahkan membaca bagi seluruh kaum mukmin di Indonesia. Dan oleh beberapa ulama di Banyuwangi, Mushaf Al Qur'an karya Abdul Karim itu disebut Qur'an pojok karena setiap akhir surat atau ayat persis berada di pojok pada halaman Al Qur'an.

Rencananya Mushaf Al Qur'an raksasa tersebut akan di waqafkan ke Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi, salah satu masjid agung tertua di Kabupaten Banyuwangi.

Ketika ditanya ANTARA apakah motivasinya membuat Mushaf Al Qur`an raksasa itu, Haji Abdul Karim, dengan tulusnya mengatakan bawah ia melakukan semua ini hanya ingin agar diri bersama keluarganya di beri umur panjang Allah SWT.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010