Pendidikan tinggi harus menjadi motor pengembangan dan penggunaan iptek
Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengharapkan penyelenggaraan Dies Natalis ke-57 UNJ menjadi momentum untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas sivitas sebagai kampus yang unggul secara nasional maupun internasional.

"Kondisi pandemi ini janganlah sampai mendistorsi semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan melalui Dies Natalis ke-57 UNJ ini menjadi momentum untuk lebih meningkatkan sinergitas dan soliditas sivitas UNJ menuju era kebangkitan UNJ sebagai kampus yang unggul dan bereputasi, baik secara nasional maupun internasional," ujar Rektor UNJ Prof. Dr. Komarudin, M.Si dalam Sidang Terbuka Universitas dalam rangka Dies Natalis ke-57 UNJ, di Jakarta, Kamis.

Komarudin menambahkan soliditas dan sinergitas yang dibangun itu juga harus mampu meningkatkan produktivitas, kinerja, keunggulan, dan reputasi UNJ.

Rektor UNJ pun mengemas harapannya itu dengan tagline "Bersama kita Jaya, Bersatu Kita Maju".

Dalam Dies Natalis ke-57 UNJ itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pesan agar UNJ semakin kontributif dalam mencetak insan pendidikan dan talenta-talenta unggul serta ikut memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Baca juga: Wapres harap UNJ kampanyekan pesan positif dalam kampus

Baca juga: UNJ selenggarakan sekolah kebangsaan untuk lahirkan mahasiswa unggul


"Lembaga pendidikan tinggi harus menjadi motor pengembangan dan penggunaan iptek untuk memecahkan permasalahan di masyarakat, untuk meningkatkan daya saing bangsa, dan menggerakkan lompatan kemajuan menuju Indonesia maju yang kita cita citakan," katanya.

Di usia yang lebih dari setengah abad, Presiden berharap, UNJ selalu melakukan inovasi, bergerak lincah, bergerak cepat, dan mengembangkan cara-cara kerja baru untuk menghadapi dunia yang penuh disrupsi dan hyper kompetisi.

"Selamat dies nataliss ke 57 UNJ. Terima kasih," ujar Kepala Negara.

Pada rangkaian puncak acara Dies Natalis ke-57 itu juga diisi kegiatan Orasi Ilmiah oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 UNJ, Sofia Hartati menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dan dukungan semua pihak yang telah menyukseskan acara dies natalis UNJ ke-57.

"Melalui Dies Natalis ke-57 UNJ ini, semoga menjadi penyemangat kita bersama untuk menjadikan UNJ sebagai kampus yang unggul dan bereputasi," katanya.

Baca juga: Rektor : Penyusunan Peta Jalan Pendidikan harus perhatikan empat aspek

Baca juga: Raih akreditasi unggul, UNJ menuju kampus bereputasi di Asia

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021