Berlin (ANTARA News/Reuters) - Michael Ballack kembali merayakan kemenangan di liga utama Jerman (Bundesliga) setelah empat tahun bergabung dengan Chelsea, dimana bersama Bayer Leverkusen mengalahkan tuan rumah Borussia Dortmund 2-0 dalam pertandingan pembukaan musim mereka, Minggu waktu setempat.

Sementara itu juara liga Bayern Munich menang 2-1 atas VfB Wolfsburg melalui satu gol menjelang bubaran pertandingan yang dibuat oleh Bastian Schweinsteiger pada Jumat, dan Hamburg SV menekuk runner-up musim lalu Schalke 04 dengan skor 2-1 pada Sabtu.

Ballack yang pernah bermain untuk Leverkusen hingga 2002, pindah ke Bayern Munich, dan lalu kembali dari Chelsea menjelang musim.

"Yang masih kurang dari saya adalah tenaga," kata pemain tengah berusia 33 tahun itu.

"Tapi saya bahagia bisa bermain 90 menit penuh, pelatih sempat bertanya kepada saya beberapa kali tapi saya mengatakan bisa terus bermain," tambahnya.

Leverkusen meraih keunggulan awal pada menit ke-19 ketika Tranquillo Barnetta sukses menyambut umpan matang.

Tiga menit kemudian Leverkusen menambah keunggulan lewat aksi solo yang dilakukan Renato Augusto.

Dortmund berusaha untuk memperkecil ketertinggalan mereka pada babak kedua, namun tembakan bebas Nuri Sahin melambung di atas mistar gawang kiper internasional Jerman Rene Adler.


Kejutan Mainz

Sementara itu Mainz memulai pertandingan mereka dengan tampil mengesankan setelah mengalahkan VfB Stuttgart 2-0, melalui gol yang dicetak oleh dua pemain anyar mereka.

Mainz nyaris membuat keunggulan pada babak pertama, namun tendangan penalti Cacau mampu diselamatkan oleh kiper pada menit ke-18.

Striker asal Tunisia Sami Allagui memastikan keunggulan pertama Mainz melalui gol yang dibuatnya pada menit ke-26, sebelum Morten Rasmussen yang dipinjam dari Celtic menambah gol melalui sundulan kepala pada menit ke-47.

Tim tuan rumah beberapa kali kehilangan peluang mencetak gol, dimana tembakan Adam Szalai membentur gawang pada menit ke-74. (A020/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010