IBL

Final IBL bakal jadi puncak hiburan musim ini

Final IBL bakal jadi puncak hiburan musim ini

Ilustrasi final IBL 2021 antara Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Satria Muda Pertamina Jakarta yang mulai bergulir Kamis (3/6/2021) di Mahaka Square Arena, Jakarta. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) menyatakan siap untuk menyelenggarakan rangkaian babak final musim 2021 yang akan menjadikannya puncak hiburan bagi masyarakat penikmat olahraga bola keranjang tersebut.

Final IBL 2021 akan mempertemukan dua tim elit ibu kota yakni Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan format best-of-three atau mencari pemenang dua gim.

Seperti fase playoff lainnya, seluruh rangkaian final akan dimainkan di Mahaka Square Arena, yang kebetulan markas dari Satria Muda, dengan gim pertama berlangsung Kamis (3/6) diikuti gim kedua sehari berselang.

Jika belum ada tim yang meraih dua kemenangan, maka gim ketiga bakal dimainkan pada Minggu (6/6).

Baca juga: Data dan fakta final IBL 2021: Pelita Jaya vs Satria Muda

"Alhamdulillah kita sedikit lagi sudah mencapai puncak dari musim 2021, saya yakin final ini menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam jumpa pers virtual pra-final, Rabu.

"Terlebih liga kita sempat terhenti cukup lama, setelah musim lalu harus selesai tanpa juara, mungkin ini final dengan periode jeda yang terlama, sebab terakhir kali dilakukan pada 2019," ujarnya menambahkan.

Kendati dimainkan di satu tempat, IBL akan berusaha menghadirkan atmosfer laga kandang-tandang untuk rangkaian final.

Satria Muda akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah untuk gim pertama, karena secara catatan musim reguler kalah lebih banyak dibandingkan Pelita Jaya.

Selanjutnya Pelita Jaya bakal menjadi tuan rumah untuk gim kedua dan gim ketiga apabila perlu dimainkan.

Baca juga: Menpora apresiasi penerapan prokes di gelembung IBL

Junas menyatakan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin juga rencananya akan menghadiri gim pertama final IBL 2021 pada Kamis (3/6), melanjutkan perhatian khususnya setelah ia sempat mendatangi gelembung di Robinson Resort Cisarua, Bogor, kala fase musim reguler dimainkan.

"Insya Allah besok kami bisa menyelenggarakan final yang terbaik dan tanpa hambatan serta menyajikan hiburan yang terbaik bagi masyarakat penikmat basket," tutup Junas.


Dukungan dan apresiasi

PT Pertamina Persero selaku sponsor utama IBL 2021 juga menyambut baik babak final yang jadi gambaran keberhasilan setelah musim dilangsungkan dengan penuh perjuangan.

"Kami Pertamina sebagai sponsor sangat menyambut final ini, semoga semua tim yang tampil bisa bermain dengan baik dan tim terbaik nantinya akan menjadi juara," kata Manager Event & Brand Management Pertamina, Christina CH Simorangkir.

Apresiasi juga berdatangan dari jajaran pemain dan pelatih kedua tim yang akan berlaga di final.

Baca juga: Pelita Jaya melenggang ke final IBL 2021, lewati Louvre
Baca juga: Pelajaran berharga dari Louvre untuk Pelita Jaya


Pelatih kepala Pelita Jaya Octaviarro "Ocky" Tamtelahitu bahkan dengan bangga menyebut final besok akan menjadi tonggak penting dalam membangun kebangkitan Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

"Secara pribadi saya mau memberi kredit sebesar-besarnya kepada IBL, dari pemimpin dan jajarannya, beserta para sponsor, bahwa di tengah pandemi ini, yang kami persiapkan besok adalah sesuatu yang membangun bangsa ini," katanya.

"Yang paling penting supaya besok, kedua tim bisa bersenang-senang menikmati kesempatan tampil di final," ujar Ocky melengkapi.

Hal serupa juga disampaikan kapten Satria Muda Arki Dikania Wisnu, yang mengakui final IBL 2021 sebagai buah dari pengorbanan banyak pihak dari panitia, pemain, ofisial, pelatih hingga masyarakat penikmat basket yang juga harus berkorban karena tidak bisa menyaksikan timnya tampil langsung dari tribun penonton.

"Ini perjalanan yang teramat panjang, setelah pandemi memaksa liga berhenti, tetapi kemudian IBL berani menciptakan format gelembung," kata Arki.

"Lantas semu mau menjalani, mau berkorban, sampai akhirnya final bisa digelar. Terima kasih. Kami sendiri di Satria Muda sangat tidak sabar untuk tampil," tutupnya.

Baca juga: Satria Muda singkirkan West Bandits menuju final IBL 2021
Baca juga: Songsong final IBL, Arki tidak mau fokus tersita pikirkan Pelita Jaya
Baca juga: Agassi siap tularkan pengalaman kalahkan Satria Muda ke Pelita Jaya

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora apresiasi penerapan prokes IBLĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar