Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - George Clooney mengalahkan para pesaingnya di box office saat liburan akhir pekan di Amerika Utara dengan pembukaan film drama pembunuhannya "The American".

Menurut perkiraan studio yang dikeluarkan Ahad, "The American" meraih 13 juta dolar AS, selama tiga hari penayangan mulai 3 September; jumlah keseluruhannya ialah 16,1 juta dolar AS sejak Rabu, ketika film tersebut memulai penayangan.

Pembukaan film itu agak lebih baik dibandingkan dengan perkiraan industri, tapi sama dengan filmnya pada 2008 "Leatherheads", yang mengakhiri masa penayangan singkatnya 31,3 juta dolar AS.

Film tersebut disutradarai oleh Anton Corbijn. George main sebagai seorang penggemar senjata berwajah tegang yang bersembunyi di kota indah Italia.

Film itu diluncurkan oleh Focus Features, unit rumah seni NBC Universal, General Electric Co.

Yang juga baru adalah film fantasi kekerasan produksi 20th Century Fox "Machete" di No.3 dengan pemasukan 11,3 juta dolar AS, dan komedi romantis Warner Bros yang menampilkan Drew Barrymore "Going the Distance" di No.5 dengan penghasilan hanya 6,9 juta dolar AS. Kedua film tersebut diluncurkan Jumat (3/9).

"Machete", film bergelimang darah 1970-an yang memanfaatkan perdebatan imigrasi sebagai latar belakang, menampilkan aktor Danny Trejo sebagai seorang pembunuh berkebangsaan Mexico.

Robert Rodriguez menyutradarai film itu bersama Ethan Maniquis. Fox menyatakan 60 persen penonton film tersebut adalah orang Latin.

"Going the Distance" menampilkan bintang Drew Barrymore dan Justin Long. Itu adalah yang paling akhir dari serangkaian film roman-komedi aktris tersebut, termasuk "Lucky You", "Music and "Lyrics" dan "Fever Pitch".

Film utama pekan sebelumnya, drama pencurian "Takers", merosot ke No.2 dengan perolehan 11,5 juta dolar AS. Secara keseluruhan, film itu menghasilkan 37,9 juta dolar AS selama 10 hari. (C003/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010