Algiers (ANTARA) - Pemungutan suara dibuka di Aljazair pada Sabtu untuk pemilihan parlemen yang diharapkan oleh penguasa akan mengubah episode pada dua tahun kerusuhan politik, tetapi banyak pemilih diperkirakan akan mengabaikannya.

Presiden Abdelmadjid Tebboune telah menyerukan partisipasi yang tinggi, tetapi hanya ada sedikit antusiasme publik untuk memberikan suara dalam pemilihan baru-baru ini, dengan banyak warga Aljazair yakin bahwa kekuatan sebenarnya dipegang oleh tentara dan pasukan keamanan.

Di tempat pemungutan suara di sebuah sekolah dasar dekat kantor Perdana Menteri Abdelaziz Djerad di Algiers tengah, tiga polisi berjaga. Beberapa menit sebelum pemungutan suara dimulai, lima orang menunggu di luar untuk memberikan suara mereka.

“Kami berharap parlemen berikutnya akan menjadi kekuatan yang mendesak untuk perubahan yang diinginkan mayoritas,” kata Ali Djemai, seorang guru sekolah berusia 33 tahun.

Tetapi di sebuah kafe di dekatnya, pekerja kantor pos berusia 42 tahun Djamel Badir mengatakan pemilihan tidak akan mengubah apa pun dan dia tidak akan memilih. "Parlemen kita tidak berdaya," katanya.

Pemilihan berlangsung dengan latar belakang pergolakan politik, setelah gerakan protes "Hirak" tanpa pemimpin menyebabkan penggulingan Presiden veteran Abdelaziz Bouteflika pada 2019 dan jatuhnya banyak pejabat senior lainnya.

Hirak menginginkan pembersihan menyeluruh dari elite penguasa dan penarikan tentara dari politik, dan mengatakan pemilihan apa pun yang terjadi sebelum tujuan tersebut tercapai tidak lain adalah sandiwara.

Meskipun elite penguasa secara terbuka menyambut Hirak sebagai gerakan pembaruan nasional dan memenjarakan beberapa tokoh senior dari lingkaran Bouteflika, pihak berwenang juga menindak gerakan tersebut dengan penangkapan.

Partai-partai utama lama yang telah mendominasi selama beberapa dekade - front pembebasan FLN yang memenangkan kemerdekaan Aljazair dari Prancis dan partai RND - dirusak oleh tuduhan korupsi terhadap sekutu Bouteflika.

Kondisi itu, dan boikot yang diperkirakan oleh para pendukung Hirak, dapat membuka jalan bagi para independen dan beberapa partai Islam moderat untuk berbuat lebih baik daripada pemungutan suara sebelumnya.

Jajak pendapat secara resmi dijadwalkan ditutup pada 1900 GMT, meskipun dalam beberapa pemilihan sebelumnya mereka tetap dibuka nanti, dan hasilnya akan diumumkan pada Minggu.

Partai-partai yang mendapatkan posisi kuat di parlemen kemungkinan akan menjadi bagian dari pemerintahan Tebboune berikutnya, yang akan menghadapi serangkaian tantangan berat dengan ekonomi Aljazair yang menghadapi krisis.

Pendapatan energi, yang telah lama menjadi andalan ekonomi tertutup yang dikendalikan negara, telah turun drastis dalam beberapa tahun terakhir dan cadangan mata uang asing turun empat perlima sejak 2013.

Pemerintah baru-baru ini telah berulang kali menjanjikan reformasi untuk mendiversifikasi ekonomi dan memacu pertumbuhan sektor swasta dan investasi baru, tetapi mereka gagal mewujudkannya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Presiden Aljazair muncul lagi setelah dirawat karena COVID-19
Baca juga: Lima orang tewas dalam ledakan bom di Aljazair
Baca juga: Aljazair gelar referendum soal perubahan konstitusi

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021