Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mendeklarasikan komitmennya pada percepatan pencapaian target "milenium development goals" pada 2015 yakni upaya peningkatakan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Deklarasi tersebut disampaikan Marzuki Alie dalam dua bahasa yakni Inggris dan Indonesia.

"Stand up take action for MDGs in Indonesia" dan " Indonesia bisa mencapai MDGs ("milenium development goals") pada 2015 !" kata Marzuki Alie pada acara diskusi mengenai MDGs di Gedung DPR, Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut disampaikan Marzuki Alie di hadapan Koordinator MDGs Indonesia, Nila Amfasa Moeloek, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Hidayat Nur Wahid, dan para undangan yang hadir pada diskusi mengenai MDGs tersebut.

Usai pembacaan deklarasi yang diulang hingga tiga kali, para undangan yang hadir serentak meniup peluit sebagai simbol siap melakukan aksi percepatan pencapaian target MDGs.

Dalam kesempatan tersebut Marzuki Alie mengatakan, DPR memberikan perhatian besar terhadap percepatan pencapaian target MDGs.

Menurut dia, komitmen pembangunan MDGs disepakati 189 kepala negara pada 1999, termasuk kepala negara Indonesia.

Sejak itu, kata dia, Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang terlihat dari program-programnya yang pro-rakyat.

Menurut dia, musuh dunia, termasuk musuh Indonesia, pada saat ini adalah kemiskinan. "Pemerintah Indonesia sudah berusaha keras melakukan pengentasan kemiskinan dan telah memberikan hasil positif meskipun belum signifikan," katanya.

Pemerintah sudah meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan guna mengurangi angka kemiskinan.
(R024/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010