Beijing (ANTARA News) - China Sabtu mengeluarkan peringatan siaga untuk topan Fanapi, yang tampaknya akan mendarat di wilayah-wilayah pantai China daratan provinsi Fujian dan Guangdong setelah mendarat di Taiwan.

Fanapi, topan ke-11 yang akan menghantam China tahun ini, terus semakin kuat dan diperkirakan akan menjadi topan terkuat dalam tahun ini, menurut Pusat Meteorologi Nasional (NMC).

Mata Fanapi kini berada pada posisi 500 kilometer di tenggara Hualien, di Taiwan, pada pukul 05:00 waktu setempat Sabtu, menurut NMC.

Bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan angin 15-20 kilometer per jam, Fanapi membawa angin dengan kecepatan sampai 162 kilometer per jam pada pusatnya, katanya.

Topan ini diperkirakan akan mendarat di pantai timur Taiwan Ahad pagi dan akan mencapai wilayah pantai di China daratan pada Ahad malam, atau Senin pagi, menurut prakiraan NMC.

Peringatan mencakup kepada kapal-kapal yang berada di wilayah yang disapu topan, agar kembali ke pelabuhan dan para awaknya agar menyingkir keluar dari kapal.(*)

Xinhua/H-AK/H-RN

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010