Jakarta (ANTARA News) - Indonesia siap berlaga di ajang olimpiade ke-39 catur internasional di Mansiyk, Rusia, 19 hingga 4 Oktober 2010, dan berupaya maksimal meraih posisi terbaik.

Ketua Umum Pesatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Hasjim Djojohadikusumo kepada ANTARA di Jakarta Sabtu, mengaku tidak menentukan target apapun selain berupaya maksimal meraih prestasi terbaik di ajang bergengsi catur internasional itu.

"Target kita belum bisa berkata banyak, tetapi harapan untuk meraih yang terbaik, mendapatkan medali pasti selalu ada. Dan untuk itu, kita telah persiapkan semuannya," katanya, sesaat sebelum melepas tim catur Indonesia ke Rusia.

Untuk berlaga di ajang dua tahunan kali ini, Indonesia mengirimkan lima atlet putra dan putri, yaitu GM Susanto Megaranto, FM Anjas Novita, IM Taufik Halay, IM Tirta Chandra Purnama, dan IM Irwanto Sadikin The. Dirwan Sinuraya akan menjadi kapten tim putera.

Sedangkan untuk putri, Indonesia menurunkan WGM Irene Kharisma Sukandar, WFM Chelsie Monica Sihite, WFM Medina Warda Aulia, WFM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, dan WFM Baiq Vina Lestari, dengan kapten Kristianus Liem.

Salah satu langkah serius untuk bisa berlaga di olimpiade catur internasional di Rusia itu, Indonesia sejak lama dilatih pelatih asal Rusia Ruslan Scherbakov.

"Ajang ini juga merupakan sarana bagi pemain-pemain kita untuk mematangkan kemampuannya berjuang di kancah internasional. Apalagi, pemain-pemain ini kan masih muda-muda," kata Hasjim.

Ia menambahkan, tim Indonesia menghadapi persaingan ketat dari pecatur Eropa seperti Rusia, Armenia, semantara dari Asia Indonesia memiliki pesaing berat China dan India, terutama di partai putri.(*)

R018/AR09




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010