DPRD DKI : Presiden minta percepatan vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta

DPRD DKI : Presiden minta percepatan vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menunjukkan surat di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Presiden minta kepada kita sebagai perangkat pemda untuk menekan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan jajaran pimpinan di DKI Jakarta untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam pemakaian masker.

"Vaksinasi di Jakarta cepat. Itu kayak seperti di pelabuhan, daerah padat itu harus divaksinasi. Jadi penekanan-penekanan itu yang harus dikerjakan pemerintah daerah," kata Prasetyo kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Menurut Prasetyo, Presiden Jokowi pada Selasa ini telah memanggil Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta, Pangdam JayaMayjen TNI Mulyo Aji, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran para Wali Kota serta Kapolres se-DKI Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau vaksinasi massal tenaga kesehatan DKI Jakarta


Presiden, kata Prasetyo, memberikan arahan bahwa peningkatan kasus COVID-19 di DKI Jakarta sudah meningkat signifikan, yang salah satunya disebabkan masuknya varian Virus Corona dari India.

“Jadi Presiden minta kepada kita sebagai perangkat pemda untuk menekan (penularan kasus COVID-19)," lanjutnya.

Presiden juga meminta jajaran pimpinan daerah di Ibu Kota seperti Gubernur DKI Jakarta, Ketua DPRD DKI Jakarta, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya harus lebih banyak terjun ke lapangan untuk menghambat penularan COVID-19.

“Presiden mengarahkan kepada kita, perlu tindakan lapangan. Jadi kalau saya melihat, gubernur, kami, Pangdam Jaya, Kapolda itu harus banyak di lapangan,” kata Prasetyo.

Selain itu, Presiden juga meminta pimpinan daerah untuk turut aktif serta di lapangan guna meningkatkan kedisplinan masyarakat dalam pemakaian masker.

“Masyarakat Jakarta secara persentase pemakaian masker itu,..pakai masker semua sudah 78 persen dan targetnya harus 95 persen. Nah di sini Presiden meminta kepada masyarakat Jakarta ya seperti daerah-daerah yang padat itu harus cepat divaksin,” ujar dia.

Baca juga: Presiden: Kecepatan vaksinasi tentukan keberhasilan tangani pandemi

Baca juga: Jokowi: 1.000 pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa divaksinasi COVID-19


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden ingatkan atlet bersiap untuk Paralimpiade Prancis 2024

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar