Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pemeriksa Halal Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia, LPH LPPOM MUI, menganugerahi produsen bumbu masak Ajinomoto dengan Halal Award 2021 dalam perhelatan Assalam (Acara Silaturahmi LPPOM MUI dan Perusahaan Bersertifikat Halal) yang berlangsung secara virtual beberapa waktu lalu.

"Penghargaan ini sangat berarti bagi kemajuan Manajemen Halal kami dan memberikan motivasi dan kebanggaan bagi perusahaan.. Selanjutnya kami akan terus melakukan perbaikan dan penyesuaian dengan undang undang dan peraturan lainnya sehingga implementasi SJH di masa depan tetap terjaga dan berjanji memberikan produk yang baik untuk seluruh keluarga di Indonesia,” kata Yudho Koesbandryo, Direktur PT Ajinomoto Indonesia, sekaligus Koordinator Auditor Halal Internal perusahaan dalam keterangannya, Rabu.

Direktur Eksekutif LPH LPPOM MUI, Muti Arintawati, mengatakan penghargaan merupakan bentuk apresiasi LPPOM MUI kepada perusahaan bersertifikat halal yang terus berkomitmen mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal (SJH).

"Terima kasih kepada seluruh perusahaan bersertifikat halal MUI yang telah berkomitmen mengimplementasikan SJH. Kami harap, HAS Award 2021 ini dapat menjadi pemantik bagi perusahaan bersertifikat halal lainnya untuk terus meningkatkan implementasi SJH secara maksimal," kata dia.

Tahun ini, HAS Award LPPOM MUI diberikan kepada 14 perusahaan Indonesia.

LPPOM MUI memberikan apresiasi kepada perusahaan yang bersertifikat halal dan konsisten mengimplementasikan SJH dengan baik melalui HAS Award 2021 tersebut.

Ada sejumlah kriteria untuk mendapatkan penghargaan, di antaranya harus memiliki sertifikat SJH, hingga mendapatkan status A di seluruh fasilitas yang terdaftar. Selain itu, perusahaan harus melakukan perpanjangan tepat waktu (mendaftarkan ke CEROL-SS23000 tiga bulan sebelum dan selesai tidak lebih dari masa berlaku sebelumnya) dan tidak ada kelemahan saat audit selama empat tahun terakhir (bukan hasil perbaikan kelemahan).

Berdasarkan data LPPOM MUI per April 2021 jumlah perusahaan bersertifikat halal yang masih berlaku adalah 10.765, jumlah sertifikat halal yang masih berlaku 15.693, dan jumlah produk bersertifikat halal yang masih berlaku 581.005.

Baca juga: Ini jurus Ajinomoto kelola air limbah pabrik

Baca juga: Makanan gizi seimbang bantu tingkatkan imunitas

Baca juga: Baznas dan Ajinomoto salurkan bantuan banjir NTT

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021