Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA News) - Tiga orang tewas ditabrak bus di jalan lintas Sumatera kilometer 62 ruas Desa Pelembapang Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis.

Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan, Ipda Karmansyah, mengatakan, di Penengahan, Kamis, saat berada di lokasi kejadian, korban tersebut adalah Eko Sutono (50), Sumiyati (30) dan seorang balita Agus Prasetyo (2) yang merupakan satu keluarga.

"Mereka mereka berasal dari Kabupaten Depok Provinsi Jawa Barat yang hendak menuju Kecamatan Bekri Kabupaten Lampung Tengah," jelas dia.

Karmansyah menceritakan, peristiwa itu terjadi pada Kamis sore ketika kelarga tersebut melintas dari arah Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung, dengan berboncengan mengendarai motor Honda Grand nopol A 4857 UV.,

Kemudian, ketika melintas di Kecamatan penengahan motor yang dikendarai mereka mengalami ban selip dan roboh karena derasnya hujan membuat permukaan jalan lebih licin.

Lalu, saat yang bersamaan melaju kencang kendaraan bus Po Gumarang Jaya dari arah yang sama dan menghantam kendaraan satu keluarga tersebut hingga tewas dan sang balita masuk ke kolong mobil.

"Kedua orang tua tewas di tempat dan sang balita yang berumur dua tahun itu tewas saat sampai dirimah sakit karena lukanya juga sangat parah,"kata dia.

Dia mengatakan, kendaraan motor tersebut roboh dengan seketika, sehingga bus tidak sempat berhenti mendadak untuk menghindar sementara sekeluarga tersebut jatuh ditengah jalan, hingga akhirnya terseret dikolong bus bersama kendaraannya sepanjang delapan meter.

"Bus berhenti setelah menyeret korban dam memasuki parit bersama motornya," tambah dia.

Dia mengatakan, setelah kejadian itu awak bus langsung melarikan diri dan kasus yang menewaskan sekeluarga ini masih dalam proses penyelidikan terkait kepemilikan bus tersebut.

Dia juga menambahkan, awak tersebut juga dalam kondisi kurang konsentrasi saat mengemudi sehingga saat keluarga tersebut terjatuh dari motor bus tidak dapat dikendalaikan lagi untuk menghindarinya.

Saat ini tiga jenazah tersebut berada di RSUD Kalianda, menunggu diambil oleh pihak keluarga dari Kabupaten Lampung Tengah.(*)
(ANT-048/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010