Jakarta (ANTARA) - Kecepatan Maverick Vinales belum tertandingi jelang kualifikasi Grand Prix Belanda setelah pebalap tim Monster Energy Yamaha itu memuncaki catatan waktu ketiga sesi latihan bebas di Assen, Sabtu.

Di FP3, pebalap Spanyol itu menjaga konsistensinya sebagai sebagai pebalap tercepat dengan catatan 1:32,336 dan Fabio Quartararo menegaskan kecepatan Yamaha di peringkat dua dengan selisih 0,197 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Seluruh pebalap mampu tampil lebih cepat dari catatan mereka di dua sesi latihan sebelumnya.

Enam menit jelang sesi latihan berakhir para pebalap keluar dari garasi dan kembali ke trek menjalani upaya terakhir memperbaiki catatan waktu mereka untuk menembus peringkat sepuluh besar catatan waktu kombinasi demi tiket otomatis lolos ke Q2.

Baca juga: Vinales tercepat di FP1 Grand Prix Belanda
Baca juga: FP2 GP Belanda: Kecepatan Vinales belum tertandingi

Pol Espargaro cukup konsisten melaju akhir pekan ini dan finis P3 untuk tim Repsol Honda, sedangkan saudara kandungnya Aleix Espargaro merangsek ke P4 berkat upaya time attack di menit-menit terakhir.

Duet tim Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins juga akan langsung menuju Q2 setelah keduanya finis P5 dan P6 mengungguli Taakaki Nakagami dan Miguel Oliveira.

Valentino Rossi berhasil menembus peringkat sembilan dan Jack Miller melengkapi peringkat sepuluh besar di saat Johann Zarco gagal memperbaiki catatan waktunya karena terhalang trafik dan terlempar ke P11.

Baca juga: VR46 resmi gandeng Ducati ramaikan MotoGP mulai tahun depan

Juara GP Jerman pekan lalu, Marc Marquez akan meramaikan Q1 bersama tiga Ducati milik Zarco, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin yang gagal menembus sepuluh besar di saat selisih catatan waktu 17 pebalap teratas berada dalam rentang kurang dari satu detik, memperlihatkan betapa ketatnya FP3 berjalan.

Paruh pertama musim 2020 akan berakhir di Assen akhir pekan ini setelah menyaksikan lima pebalap berbeda dan empat pabrikan berbeda menikmati podium teratas di delapan balapan yang telah digelar.

Assen kembali masuk kalender MotoGP setelah absen pada 2020 karena pandemi COVID-19 sejak itu treknya telah diaspal ulang.

Marc Marquez bakal menemui tantangan yang berbeda setelah pekan lalu menjuarai GP Jerman, mempertahankan statusnya sebagai raja sirkuit Sachsenring dengan 11 kemenangan beruntun di berbagai kelas.

Akan tetapi, sang juara dunia delapan kali dan Honda mengatakan motor RC213V mereka masih mengalami masalah daya cengkeram ban belakang yang belum teratasi dan mengantisipasi balapan yang berat di Assen.

Baca juga: Setelah Sachsenring, Marquez hadapi tantangan berbeda di Assen

Selanjutnya Franco Morbidelli

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021