Pekerjaan ini ditargetkan akan rampung pada akhir Juli 2021
Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan guna mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2021 pada salah satu kluster penyelenggara di Timika, Kabupaten Mimika telah mencapai 97 persen.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika Martinus Pasensi dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan persiapan ini menyisakan pekerjaan pemasangan LBS Three Way untuk memastikan keandalan suplai listrik arena tarung derajat, judo, bilyar dan sekretariat PON.

"Pekerjaan ini ditargetkan akan rampung pada akhir Juli 2021," katanya.
Baca juga: 100 hari jelang PON, Menpora minta komunikasi internal ditingkatkan

Menurut Martinus, sebagai upaya peningkatan keandalan sistem kelistrikan, rencananya setiap arena akan dipasok oleh dua jalur suplai listrik, selain itu, PLN juga telah menyiapkan genset dan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk mengamankan pasokan listrik agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

"Pada prinsipnya dari sisi kelistrikan kami siap, juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk saling membantu terkait kendala-kendala selama pembangunan infrastruktur kelistrikan ini," ujarnya.
Baca juga: Pemkot Jayapura tegaskan kesiapan gelar PON Papua

Dia menjelaskan sementara itu, pasokan daya yang berasal dari PLTD Timika dan PLTMG Timika kini dipastikan cukup, di mana total 35,3 MW daya dapat dihasilkan oleh kedua pembangkit tersebut dengan beban puncak mencapai 25,6 MW dan menyisakan cadangan daya sebesar 9,7 MW.

"Bulan depan, rencananya kami akan melakukan simulasi gangguan di salah satu penyulang ataupun keduanya," katanya lagi.
Baca juga: Kominfo pastikan telekomunikasi PON Papua lancar

Dia menambahkan hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan sekaligus antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dengan kesiapan yang ada, PLN berharap ajang nasional ini bisa sukses dan berjalan sesuai rencana.

Sekadar diketahui, beberapa cabang olahraga akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika, di antaranya yaitu futsal, bola tangan, billiard, aero modeling, panjat tebing, judo, tarung derajat, bola basket, atletik dan terbang layang. Sebanyak sembilan arena akan digunakan untuk pertandingan-pertandingan tersebut.

Baca juga: Edo Kondologit ajak masyarakat Papua sukseskan PON XX

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021