Padang (ANTARA News) - Data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Sumatra Barat, mencatat dari jemaah haji daerah itu yang berjumlah 7,370 orang, 78,83 persen diantaranya sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Kita sudah melepas Calhaj sebanyak 5.810 orang ke Tanah Suci dan kini masih tersisa lima kelompok terbang (kloter) lagi," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Padang, H. Japeri kepada ANTARA di Padang, Sabtu.

Dia menjelaskan, Calhaj asal Sumbar, Bengkulu dan Jambi yang sudah sampai di Tanah Suci dari Kloter XVII yang diberangkat Sabtu sekitar pukul 06:38 WIB.

Calhaj Kloter XVII berasal dari Kota Padang, berjumlah 324 orang atau kurang satu orang dari kuota karena mengalami sakit sebelumnya masuk asrama.

"Sepanjang Sabtu dua kloter diberangkatkan. Kloter XVIII masih diperkirakan dalam perjalanan karena bertolak dari BIM sekitar pukul 16:15 WIB," jelasnya.

Jumlah Kloter XVIII diberangkatkan sebanyak 324 orang atau masih kurang seorang dari kuota karena menderita sakit sebelum masuk asrama.

Menyinggung kondisi kesehatan calon haji asal Embarkasi Padang di Tanah Suci, Japeri menyebutkan, laporan dari petugas haji di sana (Makkah) banyak yang terkena kekeringan pada tenggorokan karena suhu dingin.

Kendati demikian, tambahnya, Calhaj tak ada yang dirawat, hanya seorang N asal Bengkulu yang terkena gangguan jiwa itu.

Sedangkan calon haji asal Embarkasi Padang yang wafat sejak kloter I-XVIII masih tetap tiga orang dan diharapkan jumlahnya tak bertambah.

"Kita berdo`a dan berharap calon haji yang sudah menjalankan tahapan ibadah haji dalam kondisis sehat sampai akhir, serta selamat kembali ke Tanah Air," harap Japeri.
(*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009