Jamaah calon haji Kloter VIII akan terbang pada 2 Juli 2022 bersama jamaah Makassar, jamaah asal Sumbar yang bergabung dengan kloter Makassar sebanyak 136 orang ditambah dua jamaah Bengkulu dan 151 jamaah Sulawesi Selatan
Padang (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Sumatera Barat mematangkan persiapan untuk pemberangkatan kloter VIII yang merupakan kloter terakhir pada musim haji 2022.

“Jamaah calon haji Kloter VIII akan terbang pada 2 Juli 2022 bersama jamaah Makassar, jamaah asal Sumbar yang bergabung dengan kloter Makassar sebanyak 136 orang ditambah dua jamaah Bengkulu dan 151 jamaah Sulawesi Selatan," kata Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sumbar Joben di Padang, Rabu.

Menurut dia pada kloter VIII juga didampingi dua pembimbing ibadah (TPIHI, tenaga medis dan Petugas Haji Daerah.

“Alhamdulillah saat ini persiapan keberangkatan sudah mencapai 98 persen, semua jamaah sudah vaksin, PCR, suntik meningitis dan visa sudah beres termasuk petugas kloter dan perawat juga sudah dipersiapkan,” katanya.

Ia menyampaikan sebelum diterbangkan ke Tanah Suci, calon jamaah haji akan dilepas secara resmi oleh pejabat terkait, PPIH dan P3IH di Asrama Haji Tabing Padang.

Sementara Kepala UPT Asrama Haji Tabing Padang Afrizen menyampaikan kesiapan dalam menyambut dan melayani jamaah haji selama berada di Asrama Haji.

“Kami juga sudah membentuk panitia yang siap membantu dan memberikan pelayanan sebaik baiknya kepada jamaah. Semua kamar penginapan jemaah juga sudah dirapikan dan sterilkan,” katanya.

Ia berharap jika ada kekurangan sarana prasarana dan pelayanan yang kurang baik, petugas bisa memberikan masukan ke pihak asrama haji.

“Kami siap menerima kritik dan saran serta memberikan yang terbaik untuk jamaah haji Embarkasi Padang,”katanya.

Sebelumnya Embarkasi Haji Padang telah memberangkatkan tujuh kloter dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman Padang menuju Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Setiba di Madinah jamaah melaksanakan ibadah Arbain yaitu shalat 40 waktu di Masjid Nabawi.

Saat ini sebanyak 2.744 haji Padang telah tiba di Makkah dan sedang menunggu puncak haji.

Pada 2022 ini, Embarkasi Padang memberangkatkan delapan kloter dengan perincian 2.093 orang dari Sumbar, 747 orang dari Bengkulu, 28 petugas kloter, 10 Petugas Haji Daerah dan 3 petugas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah.


Baca juga: Sebanyak tujuh kloter haji embarkasi Padang sudah berada di Mekkah

Baca juga: Calon haji Embarkasi Padang meninggal setelah shalat di Masjid Nabawi

Baca juga: 1.963 calon haji dari Embarkasi Padang sudah tiba di Madinah

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022