Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin akan melepas calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) terakhir di embarkasi Palembang, Sabtu.

Panitia penyelenggara ibadah haji telah mengusulkan agar pemberangkatan kloter 23 dilepas langsung oleh Gubernur, kata Kasubag Humas Kanwil Departemen Agama Sumsel Saefudin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, kloter terakhir Sumsel itu akan diberangkan bersama dengan calon haji asal, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Calon haji Sumsel yang tergabung dalam kloter 23 berjumlah 268 orang, sementara dari Solo tercatat 82 orang.

Mengenai pemberangkatan calon haji itu, lanjut dia, calon haji asal Solo menunggu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, kemudian berangkat bersama dengan calon hai dari Sumsel menuju Tanah Suci.

Calon haji kloter terakhir itu sekarang mulai masuk asrama untuk pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan persyaratan lain, ujar dia.

Dikatakannya calon haji Sumsel yang berangkat menuju Tanah Suci pada 2009 sebanyak 6.349 jemaah ditambah 937 calon haji asal Provinsi Bangka Belitung.

Pemberangkatan calon haji Sumsel dan Bangka Belitung menggunakan pesawat garuda jenis 330 seri 200 pemakaian April 2009.

Menurut dia, secara umum pemberangkatan calon haji melalui embarkasi Sumsel tidak mengalami hambatan yang berarti dan berjalan lancar.(*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2009