Pangkalpinang (ANTARA News) - Sebanyak 257 haji asal Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan kembali dari Mekah pada 15 Desember 2009 dan menginap terlebih dulu di asrama haji Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel).

Kasi Haji pada Kantor Depag Kota Pangkalpinang Syahrul Jamil di Pangkalpinang, Senin, mengatakan, jemaah haji pada kloter 8 embarkasi Palembang tiba di bandara Palembang pada 14 Desember dan tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang pada 15 Desember.

"Jemaah haji itu akan disambut Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali, Wali Kota Pangkalpinang Zulkarnain Karim dan Kepala Depag provinsi dan kota di Bandara Depati Amir Pangkalpinang," ujarnya.

Menurut dia, seluruh jemaah haji Pangkalpinang selesai melaksanakan rukun haji, dan saat ini menunggu waktu kepulangan ke Tanah Air.

"Saat ini jemaah haji hanya melakukan kegiatan rutin seperti shalat lima waktu dan berkunjung ke lokasi bersejarah serta membeli oleh-oleh," katanya.

Ia menambahkan, seluruh jemaah haji Babel dalam keadaan sehat dan tidak ada haji yang sakit.

"Alhamdulillah mereka sudah menjadi haji dan mudah-mudahan menjadi haji mabrur, sesuai dengan keinginan semua," ujarnya.

Sementara itu, jemaah haji dari kabupaten lain pada kloter 9 dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 15 Desember dan tiba di Pangkalpinang pada 16 Desember.

Kloter terakhir kembali pada 16 Desember dan tiba di Pangkalpinang pada 17 Desember melalui Bandara Depati Amir Pangkalpinang menggunakan pesawat Sriwijaya Air.

"Kami belum menentukan jam penerbangan dengan pihak maskapai, sehingga kami dapat mengatur kedatangan jemaah yang akan dijemput di bandara dan dilepas di Kanwil Depag," ujarnya. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009