Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung segera melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak sebagai salah satu kelompok yang rentan terpapar.

"Akan segera dilaksanakan untuk vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak, setelah resmi diluncurkan oleh pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak usia 12 hingga 17 tahun tersebut hingga saat ini masih menunggu ketersediaan kategorisasi dalam sistem Primary Care.

"Kolom kategori ibu hamil dan anak dalam Primary Care belum ada, ini digunakan untuk melakukan input data sasaran vaksinasi sehingga kita masih menunggu, bila sudah tersedia akan segera dilaksanakan," katanya.

Baca juga: Polda Lampung ajak masyarakat vaksin COVID-19

Baca juga: Polda Lampung siap melaksanakan vaksinasi massal di 345 lokasi


Menurutnya, dalam pelaksanaan vaksinasi ibu hamil dan anak usia 12 hingga 17 tahun yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat tidak memiliki perbedaan yang cukup banyak.

"Tidak ada perbedaan dengan vaksinasi bagi lansia ataupun pelayanan publik, pertanyaan sckrining kesehatan, pemeriksaan kesehatan, persyaratan membawa KTP ataupun Kartu Keluarga, hingga observasi antisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi pun sama," ucapnya.

Dia menjelaskan diharapkan dengan adanya vaksinasi tersebut dapat membantu membentuk imunitas tubuh yang baik bagi ibu hamil dan anak.

"Vaksinasi ini diharapkan dapat membentuk imunitas tubuh, namun protokol kesehatan pun harus diterapkan. Untuk mempercepat progres vaksinasi pada Sabtu (3/7) pun akan dilakukan vaksinasi massal bagi masyarakat," ujarnya lagi.

Reihana mengatakan dalam vaksinasi massal tersebut diperkirakan akan menyediakan 3.000 dosis vaksin COVID-19 bagi vaksinasi masyarakat.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Rabu (30/6) progres vaksinasi COVID-19 di Lampung untuk tiga kategori yakni tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik serta lansia mencapai 17,86 persen atau bila di konversikan ada 207.816 orang dari total 1.163.426 orang sasaran vaksinasi.*

Baca juga: Dinkes: Lampung terima 530 vial vaksin AstraZeneca

Baca juga: Polda Lampung gandeng pihak swasta dukung percepat vaksinasi COVID-19

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021