London (ANTARA News) - David Beckham akan berangkat ke Afrika Selatan bulan depan sebagai bagian dari staf pelatih tim nasional (timnas) Inggris.

Setelah serangkaian pembicaraan antara Beckham, perwakilannya, pelatih Fabio Capello, dan Los Angeles Galaxy, klub tempat Beckham merumput, mantan kapten timnas Inggris itu dipastikan akan ikut terbang ke Afrika Selatan, 2 Juni mendatang.

Akan tetapi Beckham belum akan bergabung di kamp latihan Capello di Austria karena ingin fokus pada pemulihan cedera tendon archiles yang dideritanya.

Tetapi Capello yakin mantan anak asuhnya di Real Madrid itu sangat bernilai karena Beckham kenal betul metode latihan pelatih asal Italia itu dan berpengalaman di tiga Piala Dunia.

Capello melihat pemain yang telah 115 kali tampil membela timnas itu bisa menjadi mediator antara manajemen dan pemain, serta sebagai staf pelatih bersama Stuart Pearce, manajer timnas U21.

Awal minggu ini Capello berbicara di hadapan wartawan tentang pentingnya memiliki Beckham dalam persiapan Inggris menuju Piala Dunia.

"Ketika saya memilih David, Anda (wartawan) selalu bertanya 'mengapa?' David hanya bermain sepuluh, 20, atau 30 menit dalam satu laga. Dia sangat penting untuk semangat di ruang ganti. Sangat penting baginya untuk memberikan teladan. Beberapa pemain seperti ini sangat penting bagi saya baik sebagai bagian dari kelompok dan ketika mereka ikut bermain," papar Capello.

Karir Beckham di Piala Dunia memang sempat terancam ketika ia mengalami cedera engkel kaki kiri saat membela klub Italia AC Milan.
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010