Pretoria (ANTARA News) - Pelatih Afrika Selatan (Afsel) Carlos Alberto Parreira mengungkapkan tim asuhannya harus mewaspadai penyerang Uruguay Diego Forlan dalam laga yang berlangsung di stadion Loftus Versfeld, Pretoria.

"Dia pemain yang tidak boleh dibiarkan bebas, anda harus mengawasi dia sepanjang waktu. Saya ingat dia dari tim nasional Brasil dan dia selalu menciptakan gol melawan Brasil," kata pelatih asal Brasil itu, seperti dikutip situs resmi FIFA.

Forlan gagal mencetak gol saat Uruguay bermain imbang 0-0 dengan Perancis Jumat (11/6). Namun dia memiliki reputasi sebagai salah satu penyerang handal. Penyerang berusia 31 tahun itu pernah menjadi pencetak gol terbanyak Eropa tahun 2004 dan 2008.

"Dia salah satu pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol. Dia dalam penampilan terbaik saat ini, dalam performa bagus. Kami harus mengawasi dia selama 90 menit," kata Parreira.

Afsel dan Uruguay baru mengumpulkan satu poin. Keduanya hanya mampu bermain imbang pada pertandingan pertama mereka. Uruguay bermain imbang 0-0 dengan mantan juara Piala Dunia (PD) 1998, Perancis.

Afsel bermain imbang 1-1 melawan Mexico, meski sempat unggul lebih dulu berkat gol Siphiwe Tshabalala di menit ke-55. Bek Mexico Rafael Marquez menyamakan kedudukan di menit ke-79, dan tuan rumah harus puas bermain seri.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010