Durban (ANTARA News) - Pelatih Spanyol Vicente del Bosque memuji anak-anak asuhnya yang telah bermain luar biasa dan memainkan pertandingan bagus ketika mengalahkan Jerman 1-0 di semifinal Piala Dunia, Kamis dinihari.

"Para pemain dari bertahan hingga menyerang dengan luar biasa dan memainkan pertandingan yang bagus," kata Vicente del Bosque dikutip Reuters.

Striker David Villa menambahkan: "Kami telah menunjukkan bahwa dalam momentum besar ini kami telah bangkit meraih kesempatan."

"Ini permainan terbaik yang kita telah mainkan. Kami pantas meraih angka lebih tapi gol Puyol menempatkan kami di final dan kami gembira."

Juara Eropa itu mendominasi sejak awal dan hanya membutuhkan lima menit untuk mengukir kesempatan pertama mereka melawan kegugupan pertahanan Jerman.

Sebuah gol hasil sundulan pemain bertahan Carles Puyol mengantar Spanyol meraih tiket final pertama Piala Dunia.

Spanyol akan menghadapi Belanda di Soccer City di Johannesburg, Senin dinihari (12/7). Belanda sebelumnya pernah dua kali masuk final, namun tidak pernah menang sehingga juara dunia baru dijamin.

Spanyol mendominasi pertandingan tapi harus berjuang untuk mengakhiri Jerman yang bermain tidak secepat biasaya, hingga Puyol mengoyak gawang tim Panser melalui sundulan kuat dari umpan sepak pojok Xavi pada menit ke-73.

(ANT/S026/BRT)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010