Samarinda (ANTARA News) - Juara Olimpiade Beijing Lin Dan batal tampil di Samarinda, Kalimantan Timur, dalam turnamen Indonesia Terbuka Grand Prix Gold yang berlangsung 12-17 Oktober.

"Lin Dan dan Chen Long mengundurkan diri karena cedera," ujar Ketua Penyelenggara Turnamen Mimi Irawan di Samarinda, Senin.

Peringkat tiga dunia tadinya akan mengawali turnamen berhadiah 120.000 dolar AS yang baru pertama kali digelar tersebut, melawan pemenang antara Evert Sukamta dan Ryan Fajar Satrio dari Indonesia pada putaran kedua, setelah bye di putaran pertama.

Sedangkan Chen Long, unggulan ketiga yang juga mendapat bye pada putaran pertama, dijadwalkan bertemu pemenang pertandingan antara Ary Trisnanto/Riyanto Subagja.

Selain dua pemain China tersebut, Mimi mengatakan, beberapa pemain lain di antaranya tunggal putra India Guru Saidur dan pemain ganda Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif juga batal tampil.

Saidut beralasan sakit sedangkan Zakry pulang kembali ke negaranya setelah mendengar kabar ibunya sakit.

Zakry yang sekarang berpasangan dengan Thien How Hoon menjadi unggulan delapan dan dijadwalkan melawan pasangan Pelatnas Berry Angriawan/Muhammad Ulinnuha pada putaran pertama.

Indonesia Terbuka Grand Prix Gold yang digelar di GOR Bulu Tangkis Palaran Samarinda akan didominasi pemain-pemain Indonesia, dengan menempatkan pemainnya pada unggulan teratas dalam setiap nomor.

Juara Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat menjadi unggulan pertama tunggal putra sedangkan Adriyanti Firdasari menempati unggulan teratas tunggal putri.

Pada ganda putra, pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama memimpin unggulan pada ganda putra sedangan pasangan Meiliana Jauhari/Greysia Polii dan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa masing-masing menjadi yang teratas pada ganda putri dan campuran.(*)

F005/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010