Jakarta (ANTARA) - Pengembang dan pembuat game, Konami, resmi mengumumkan menghadirkan permainan simulasi sepak bola, eFootball, di seluruh dunia.

Sebagai identitas merek baru, eFootball menjadi pembaruan dari permainan Konami yang sebelumnya dikenal sebagai Pro Evolution Soccer (PES) dan Winning Eleven.

Pada tahap pertama peluncuran, eFootball dapat dimainkan secara gratis dalam PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Seri X/S, Xbox One, Windows 10 dan PC Steam, serta iOS dan Android yang akan tersedia setelahnya.

"Menggunakan fondasi yang kuat dari Unreal Engine, memungkinkan kami merombak secara besar-besaran. Kami membuat sejumlah modifikasi hingga menjadi sebuah permainan sepak bla termutakhir untuk masa kini dan mendatang," kata produser seri eFootball Konami Digital Entertainment Seitaro Kimura dalam keterangan tertulis, Kamis.

Seitaro menambahkan, dengan kecanggihan teknologi konsol generasi baru serta kerjasama Konami dengan pesepak bola elit, eFootball hadir sebagai gameplay yang paling menegangkan dan realistis. "Spesifiknya akan kami jelaskan bulan depan," ujar Seitaro.

Baca juga: PSSI: turnamen ePiala Indonesia 2021 ajang bentuk timnas eFootball

Sistem animasi eFootball juga dirombak dengan mesin pengembang permainan sepak bola yang teraktual. Teknologi baru yang disebut "Motion Matching" mengubah berbagai macam gerakan yang dilakukan pemain di lapangan menjadi serangkaian animasi, lalu memilih yang paling akurat secara real-time.

"Sistem ini menyediakan empat kali lebih banyak animasi dari yang pernah ada sebelumnya, menciptakan gerakan yang sangat realistis. "Motion Matching" akan digunakan di semua platform eFootball, termasuk konsol generasi terakhir, PC dan seluler," jelas Seitaro.

Untuk memastikan eFootball menjadi sebuah pengalaman yang dapat dinikmati semua orang, permainan baru Konami itu dapat dimainkan secara gratis di seluruh konsol, PC dan seluler.

eFootball juga akan menghadirkan pengalaman yang adil dan seimbang bagi semua pemain, dengan rincian lebih lanjut tentang gameplay dan mode online akan terungkap akhir 2021.

Sebagai pengembang digital, Konami juga akan secara teratur menambahkan konten dan memperbarui mode permainan eFootball setelah peluncuran resmi.

Baca juga: Konami tunjuk Neymar jadi duta merek PES 2021

Tidak hanya itu, eFootball juga menampilkan pertandingan klub-klub ternama di dunia, antara lain FC Barcelona, Juventus, FC Bayern, Manchester United, dan lainnya tersedia secara gratis.

Selanjutnya, KONAMI juga akan menyediakan mode permainan tertentu yang dijual sebagai DLC opsional. Pada mode tersebut, eFootball memberikan kebebasan untuk para pemain agar dapat membangun pengalaman yang sesuai dengan minat mereka.

Pembaruan eFootball menawarkan pengalaman esport yang sangat realistis dan dapat dimainkan di seluruh konsol, PC, seluler, serta lintas perangkat di pasca peluncuran nanti guna menyatukan komunitas penyuka permainan sepak bola di dunia.

Konami juga menerbitkan peta jalan eFootball untuk pertama kalinya, agar dapat memastikan komunikasi yang terbuka dan transparan kepada para pemain. Peta jalan ini berisi rincian peluncuran konten dan fitur yang akan ditambahkan di bulan-bulan berikutnya.

Selain itu, Konami juga mengumumkan bahwa Lionel Messi dan Neymar Jr. menjadi duta global untuk eFootball. Lebih lanjut, Andrés Iniesta dan Gerard Piqué juga terlibat erat dalam pengembangan permainan ini sebagai penasihat resmi untuk gameplay ofensif dan defensif.

Baca juga: Ajang pencarian bakat Esports Star Indonesia Season 2 digelar Agustus

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021