Sulap suasana rumah untuk ciptakan kenyamanan bagi anak

Sulap suasana rumah untuk ciptakan kenyamanan bagi anak

Ilustrasi menyulap kamar anak untuk ciptakan suasana nyaman dan aman berkegiatan di rumah. (ANTARA/HO/IKEA Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 tidak hanya mengurung orang dewasa saja untuk hanya beraktivitas di dalam rumah tapi juga melibatkan anak- anak khususnya bagi anda yang sudah berkeluarga. Padahal anak- anak membutuhkan beragam aktivitas agar tetap bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Untuk tetap menyediakan ruang yang nyaman dan aman bagi tumbuh kembang si kecil, anda sebagai orang tua bisa juga untuk menyulap suasana rumah dengan berbagai perabotan yang menarik.

Berikut 5 tips menyulap dan mengisi suasana rumah dengan perabot yang sesuai kebutuhan buah hati mengutip siaran pers IKEA, Minggu.

1.Siapkan kursi belajar empuk untuk temani “School from Home”
Kegiatan school from home yang sudah berlangsung lama dapat membuat anak jenuh. Untuk mengantisipasi hal tersebut, menyediakan ruang belajar yang nyaman bagi anak dapat menjadi salah satu solusinya.

Kursi belajar adalah salah satu perabot terpenting untuk menunjang kegiatan belajar anak yang memakan waktu berjam-jam. Maka dari itu, penting untuk memiliki kursi belajar yang empuk sehingga nyaman untuk diduduki berjam-jam.

Tidak hanya empuk digunakan, pemilihan warna yang berwarna- warni sesuai kesukaan anak bisa menjadi opsi untuk menaikan mood dan memberi energi positif disaat anak belajar.

2.Tas penyimpanan yang lucu untuk siasati kerapian kamar anak
Setelah puas bermain seharian di ruang tidur, waktunya beberes nih! Dengan kondisi kamar tidur yang rapi, anak bisa dengan leluasa beraktivitas dan juga beristirahat dengan nyenyak.

Saat beres- beres, orang tua juga bisa sambil mengajarkan anak bertanggung jawab atas barang-barangnya dan kerapihan ruang tidurnya. Untuk kenyamanan anak saat bermain, terutama jika mereka bermain di area bersama di rumah, seperti ruang keluarga, diperlukan pengaturan penyimpanan mainan yang cerdas dan aman. Orang tua bisa menyiasatinya dengan menyediakan tas penyimpanan yang unik dan lucu seperti mainan agar anak tertarik.

Misalnya dengan menyediakan kotak mainan bermotif hewan kesukaan atau berwarna cerah, sehingga anak tertarik untuk membersihkan mainannya.

Anda juga bisa menggunakan kotak tahan air dan memiliki roda sehingga pada saat anak merapihkan mainannya ia bisa fleksibel memindahkan kotak tersebut.

3.Portable drawing case, wadah anak mengekspresikan imajinasi
 

Ilustrasi anak beraktivitas menggunakan portable drawing case mengasah kreativitasnya. (ANTARA/HO/IKEA Indonesia)
Setelah bermimpi indah ketika tidur, biasanya anak langsung terinspirasi untuk mencurahkan imajinasinya menjadi sebuah karya seni. Untuk selalu menangkapomen-momen berharga tersebut, orang tua bisa menyiapkan mainan anak seperti peralatan menggambar dan mewarnai untuk anak.

IKEA memiliki pilihan produk mainan anak dari seri MÅLA seperti portable drawing case yang lengkap dengan karton gambar berbingkai. Anak bisa bawa produk ini

kemana-mana. Tak usah takut peralatan menggambarnya tercecer, karena ada banyak kantong untuk pena, krayon, kertas dan gunting di bagian belakang.

4.Mainan profesi untuk tingkatkan keterampilan dan kreativitas anak
Dunia anak tidak jauh dari bermain. Selain sebagai kegiatan refreshing bagi anak seusai sekolah online, bermain juga bisa membantu proses tumbuh kembang anak.

Misalnya saja bermain peran menjadi chef menggunakan perkakas dapur mainan anak DUKTIG, dari IKEA. Atau, anak juga bisa bermain peran sebagai masinis yang mengemudikan kereta. Anda dapat memilih set kereta lengkap dengan rel dari seri LILLABO yang tersedia di IKEA.

Dengan bermain peran, dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dengan menirukan orang tua dan meningkatkan kreativitasnya dengan mengarang peran mereka sendiri.

Cara tersebut juga membantu anak untuk mengenal berbagai macam profesi yang bisa dipilihnya saat dewasa nanti.

5.Lampu tidur anak tingkatkan kualitas tidur
 

Ilustrasi lampu tidur untuk tingkatkan kualitas tidur anak. (ANTARA/HO/IKEA Indonesia)
Kualitas tidur yang baik juga tidak kalah penting untuk tumbuh kembang anak.

Setelah beraktivitas seharian, mereka butuh waktu untuk beristirahat dan recharge energi. Agar anak merasa nyaman di kamar tidurnya, maka area kamar tidur dapat dibuat untuk lebih menyenangkan bagi mereka.

Pada saat tidur, anak bisa bebas berimajinasi sesukanya sampai terlelap. Orang tua dapat mendukung anak berimajinasi dengan memberikan lampu tidur anak sebagai penghantar tidur warna-warni yang dapat dijadikan sebagai hiasan dan lampu pengatur suasana ruang tidur anak.

Jika di malam hari anak sudah beristirahat kualitas tidur yang baik, keesokan harinya pun anak bisa bangun pagi dengan segar dan siap untuk melanjutkan aktivitasnya dengan optimal.

Selain 5 tips di atas, orang tua juga wajib memilih produk dengan bahan yang sesuai dengan umur anak sehingga aman pada saat digunakan beraktvitas.

 

Baca juga: Tips sulap kamar tampak "aesthetic" dengan gaya skandinavian

Baca juga: Tidak mudik? Hiasi rumah dengan ornamen agar cantik saat lebaran

Baca juga: Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar