Jakarta (ANTARA) - Petembak putri Rusia Vitalina Batsarashkina memenangkan medali emas nomor pistol 10 meter putri di Asaka Shooting Range dalam Olimpiade Tokyo 2020, Minggu.

Atlet Bulgaria Antoaneta Kostadinova harus puas dengan medali perak, sedangkan Jiang Ranxin dari China mendapatkan medali perunggu.

Atlet-atlet Rusia terpaksa berkompetisi menggunakan nama Komite Olimpiade Rusia (ROC) selama Olimpiade Tokyo ini gara-gara sanksi akibat skandal doping yang menimpa negara itu.

Jiang sempat memuncaki babak kualifikasi nomor ini dengan mencetak rekor Olimpiade baru, 587, namun Kostadinova yang justru terlihat bakal menyabet medali emas nomor ini setelah memimpin lagi pada awal-awal final ini.

Ketika Batsarashkina semakin memanas, Kostadinova akhirnya menyerah kepada tekanan dan hanya bisa mencatat nilai 9 yang merupakan paling rendah dalam bidikan terakhirnya.

Baca juga: China raih emas pertama Olimpiade Tokyo 

Batsarashkina mencetak 10,4 poin untuk menggagalkan petembak Bulgaria itu dalam meraih emas.

Mantan juara Olimpiade Olena Kostevych dari Ukraina menduduki urutan keempat, sementara juara pistol 25 meter putri Olimpiade Rio lima tahun lalu, Anna Korakaki dari Yunani, menempati urutan keenam, demikian Reuters. 

Baca juga: VidyaRafika dapat pengalaman berharga di Olimpiade perdananya 
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021