Olimpiade

Tumbangkan ratu renang, Titmus rebut emas 400m gaya bebas putri

Tumbangkan ratu renang, Titmus rebut emas 400m gaya bebas putri

Perenang Australia Ariarne Titmus merayakan sukses merebut medali emas 400m gaya bebas putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Centre di Tokyo, Jepang, Senin (26/7/2021). ANTARA/AFP/Odd Andersen.

Jakarta (ANTARA) - Perenang Australia Ariarne Titmus mengalahkan salah satu ratu perenang Olimpiade yang meraih emas dalam lima Olimpiade Katie Ledecky dari Amerika Serikat untuk merebut medali emas dalam final gaya bebas 400m putri yang menegangkan Senin. 

Ledecky sudah menjadi kekuatan dominan renang putri, tetapi dalam pertandingan pertama dari tiga pertemuan head-to-head dengan Titmus dalam Olimpiade Tokyo ini, perenang Australialah yang menang setelah menjadi yang tercepat pada nomor ini.

Perenang Amerika Serikat itu unggul 0,66 detik pada separuh jarak lomba tetapi Titmus menutup celah itu menjadi 0,16 detik pada balikan 300m dan menyalip untuk memimpin pada meter ke-350 dan tidak pernah lagi tersusul.

"Saya tak percaya, saya berusaha menahan emosi saya," kata Titmus, yang memuji lawannya karena telah meningkatkan standar dalam cabang olahraga ini.

"Saya berterima kasih kepada dia, saya tidak akan berada di sini tanpa dia. Dia sudah menetapkan standar yang luar biasa ini. Semua pujian patut diberikan kepada dia sebagai perenang sekelas dia," sambung Titmus seperti dikutip Reuters.

“Dalam lomba saya tadi, saya berusaha tetap tenang sebisa mungkin dan saya tidak percaya saya berhasil melakukannya,” kata Titmus yang merupakan juara dunia nomor ini.

Medali perunggu untuk nomor ini jatuh ke tangan perenang China Li Bingjie. 

Baca juga: Maggie MacNeil rebut emas 100m kupu-kupu putri Tokyo 20202 
Baca juga: Australia cetak rekor dunia, sabet emas estafet 4x100 gaya bebas putri 

Baca juga: Fokus cetak rekor dunia, Kaylee McKeown tinggalkan 200m gaya ganti 
Baca juga: Perenang gaya bebas Katie Ledecky siap gebrak Olimpiade Tokyo 

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar