Jakarta (ANTARA) - Tim tuan rumah Jepang mampu menjungkalkan Prancis 74-70 sementara Amerika Serikat mengatasi Nigeria 81-72 dalam rangkaian pertandingan Grup B bola basket putri Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Saitama Super Arena, Selasa.

Sempat tertinggal 13-17 pada kuarter pertama, Jepang bangkit di tiga kuarter berikutnya disokong akurasi tripoin mereka yang mencapai 41 persen dibandingkan 21 persen milik Prancis, demikian catatan laman resmi Olimpiade.

Tiga dari 11 tripoin sukses Jepang dilesakkan oleh Saki Hayashi yang menjadi pendulang angka terbanyak lewat 12 poin, diikuti 11 poin dari Moeko Nagaoka dan 10 poin milik Maki Takada.

Baca juga: Amerika dipecundangi Prancis tutup hari pertama basket putra

Point guard Saori Miyazaki menyebut pola pertahanan agresif yang diterapkan Jepang menjadi kunci kemenangan kali ini.

"Ketika berbicara pengawalan lawan, postur tubuh kami jauh lebih kecil dibanding para pemain Prancis. Pertahanan selalu menjadi bagian besar bola basket Jepang dan saya senang itu membuahkan hasil hari ini," katanya selepas laga dikutip dari Reuters.

Di kubu yang terpaksa mengandalkan tembakan jarak dekat, Sandrine Gruda mengemas 18 poin dan sembilan rebound, sedangkan Endene Miyem mencetak 12 poin.

Pelatih Prancis Valerie Garnier mengakui bahwa timnya mendapat hukuman berat karena kesalahan-kesalahan kala menggalang pertahanan.

"Tim Jepang ini, setiap kali Anda melakukan kesalahan di pertahanan, mereka melepaskan tembakan tripoin dan mencetak angka dari situ," ujar Garnier.
Pebasket Amerika Serikat A'Ja Wilson melakukan selebrasi seusai mencetak poin dalam pertandingan penyisihan Grup B bola basket putri Olimpiade Tokyo 2020 melawan Nigeria di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang, Selasa (27/7/2021). (ANTARA/REUTERS/Brian Snyder)
Putri Amerika memulai dengan kemenangan

Tak seperti rekan-rekannya di nomor putra, tim putri Amerika mengawali penampilan di Olimpiade Tokyo dengan mengatasi Nigeria 81-72 untuk melanjutkan tren kemenangan 49 laga beruntun di Olimpiade.

Sempat dikejutkan Nigeria yang memimpin 20-17 pada kuarter pertama, Amerika perlahan-lahan bangkit dengan penguasaan area dalam busur lewat konversi 52 persen percobaan dua angka untuk meraih kemenangan.

A'Ja Wilson memimpin kemenangan Amerika dengan dwiganda 19 poin dan 13 rebound, diikuti dwiganda 13 poin dan 10 rebound yang dibukukan Brittney Griner serta 10 poin yang dicetak Diana Taurasi.

Baca juga: Ringkasan basket Olimpiade hari ini: debut Luka Doncic berbuah 48 poin

Kapten Amerika Sue Bird memuji penampilan Nigeria yang disebutnya membuat timnya kerepotan karena pola pengawalan ketat dalam situasi bertahan.

"Mereka senang membuat pertandingan sedikit kacau, membuat Anda melakukan hal-hal yang tidak biasanya, dan tampil tidak sesuai rencana. Melawan mereka memang tidak selalu berjalan lancar," kata Bird dikutip dari Reuters.

Nigeria yang hanya mengkonversi 27 persen percobaan terbuka mereka mendapat pasokan angka terbanyak dari Ezinne Kalu yang mengemas 16 poin.

"Saat ini ada campuran kekecewaan dan dorongan, karena kami ingin menciptakan sebuah ritme dan baru bisa menemukannya di akhir-akhir laga. Jika bisa berlanjut di pertandingan selanjutnya, itu hal bagus," kata Kalu.

Grup B basket putri akan melanjutkan pertandingan pada Jumat (30/7), saat Amerika menghadapi jepang dan Prancis bertemu Nigeria.

Baca juga: Tim basket putra AS junjung semangat Kobe Bryant di Olimpiade Tokyo
Baca juga: Zach LaVine selesai isolasi dan segera gabung Tim AS di Tokyo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021