Jakarta (ANTARA) - Inggris dan Kanada memastikan satu tempat tempat di babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepak bola putri usai bermain imbang 1-1 di Stadion Ibaraki Kashima, Ibaraki, Jepang, Selasa malam waktu setempat.

Dikutip dari situs resmi Olimpiade, hasil tersebut membuat Inggris dan Kanada menduduki peringkat pertama dan kedua di Grup E.

Pertandingan dimulai dengan tempo cepat ketika pada menit kedua, Kanada berhasil mengancam gawang Inggris namun tendangan dari Evelyn Viens masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-11, giliran Inggris yang memberikan ancaman, namun tendangan dari Caroline Weir masih bisa dihalau kiper Kanada.

Di babak pertama, jual beli serangan terus terjadi namun hingga waktu habis, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Memasuki babak kedua, Kanada kembali mengambil inisiatif menyerang dan akhirnya membuah hasil pada menit ke-55.

Penyerang Kanada Adriana Leon sukses mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Ashley Lawrence.

Setelah tertinggal lebih dulu, Inggris terus melakukan upaya untuk menyamakan kedudukan.

Gol yang ditunggu-tunggu Inggris lahir pada menit 85 ketika pemain pengganti Kanada Nichelle Prince mencetak gol bunuh diri yang membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-1 untuk kedua tim tetap bertahan dan sudah cukup membuat kedua tim lolos ke babak perempat final.

Inggris menduduki puncak klasemen Grup E dengan total perolehan tujuh poin, sedangkan Kanada di peringkat kedua dengan raihan lima poin.

Baca juga: Tim AS lolos ke perempat final usai bermain imbang melawan Australia 

Jepang kalahkan Chile

Di pertandingan lain Grup E, tuan rumah Jepang berhasil mengalahkan Chile dengan skor tipis 1-0.

Gol Jepang lahir pada menit 77 melalui Mina Tanaka yang berhasil memanfaatkan umpan dari Mana Iwabuchi.

Hasil ini membuat Jepang menduduki peringkat ketiga Grup E dengan raihan empat poin dan masih memiliki kesempatan untuk lolos ke perempat final sebagai salah satu dari peringkat tiga terbaik. 

Baca juga: Swedia puncaki grup G usai kalahkan Selandia Baru 2-0 
 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021