Olimpiade

Lillard pimpin AS kembali ke jalur kemenangan usai lumat Iran 120-66

Lillard pimpin AS kembali ke jalur kemenangan usai lumat Iran 120-66

Pebasket Amerika Serikat Damian Lillard (kanan) berebut bola rebound dengan pemain Iran Aaron Geramipoor dalam lanjutan penyisihan Grup A bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena, Saitama, Jepang, Rabu (28/7/2021). (ANTARA/REUTERS/Brian Snyder)

Jakarta (ANTARA) - Damian Lillard memimpin tim Amerika Serikat kembali ke jalur kemenangan dalam penyisihan Grup A bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020 dengan melumat Iran 120-66 di Saitama Super Arena, Rabu.

Bintang Portland Trail Blazers itu mengemas 21 poin kendati hanya melantai 23 menit dan dominasi Amerika sepanjang laga membuat pelatih kepala Gregg Popovich mendapatkan kesempatan melakukan rotasi banyak pemain.

Lima pemain lainnya mampu membuat dua digit poin termasuk Devin Booker dengan 16 poin, Jayson Tatum (14) dan Zach LaVine (13), demikian laman Olimpiade.

Menghadapi Iran, penampilan Amerika menanjak drastis dibandingkan saat kalah melawan Prancis pada laga pembuka dua hari lalu.

Tingkat konversi tembakan terbuka AS mencapai 55 persen, dengan 62 persen dari dua poin dan 49 persen dari tripoin.

Baca juga: Awali perburuan emas bisbol pertamanya, Jepang bekuk Dominika 4-3

Dua kuarter pertama saja, Amerika sudah memimpin 60-30 yang antara lain dari 18 poin yang dibukukan Lillard.

Iran tak bisa berbuat banyak dengan cuma bisa mencetak 13 poin pada kuarter ketiga dan sedikit terlambat panas saat menambah 23 poin lagi pada kuarter pemungkas. Tetapi pada saat bersamaan Amerika meraup 38 poin tambahan pada kuarter terakhir.

Iran yang kalah 78-84 melawan Republik Ceko pada laga pertama, kali ini mendapatkan sumbangan dari ikon kawakan Hamed Haddadi yang mengemas 14 poin yang diikuti Mohammad Jamshidijafarabadi (14) dan Navid Rezaeifar (13).

Dalam pertandingan Grup B lainnya, Jerman membekuk Nigeria 99-92 berkat dukungan 19 poin dari Johannes Voigtmann.

Baca juga: Rahmat Erwin Abdullah catatkan angkatan terbaik di Grup B kelas 73kg

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar