Jakarta (ANTARA News) - Tim renang Indonesia memantapkan tim estafet gaya ganti 4x100 meter untuk menghadapi cabang renang Asian Games yang akan berlangsung di Guangzhou China pada pertengahan November mendatang.

Menghadapi Asian Games Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menyiapkan enam atlet yakni Siman Sudartawa, Guntur Pratama Putra, Triaji Fauzi Sidik, Nico Biondi, Glenn Victor dan Indra Gunawan.

"Dalam persiapan ke Asian Games, di gaya bebas Guntur bersaing dengan Siman dan Triaji. Sedangkan Nico bersaing dengan Indra di gaya dada," ujar pelatih Nizarudin ketika dihubungi, Jumat.

Sementara untuk gaya punggung, lanjut Nizar, Siman secara khusus akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dengan Guntur.

"Di gaya punggung ada Guntur yang bersaing dengan Siman. Sementara Indra dan Nico pada minggu lalu sempat menjajal kemampuan pada kejuaraan di Singapura. Itulah perkembangan terakhir dari anggota Pelatnas Asian Games kita," ujarnya.

Dari hasil beberapa kali ujicoba di manca negara, Glenn Victor berhasil menjuarai nomor spesialisasinya 50 meter gaya kupu-kupu di Hong Kong Open sepekan menjelang hari raya Idul Fitri pada September lalu. Tetapi Triaji hanya menempati peringkat kelima di gaya bebas 100 meter.

Saat itu, kata Nizar, penampilan Triaji kurang maksimal karena kondisi fisiknya kurang prima karena sedang menjalani ibadah puasa.

Tim estafet 4x100 meter putra menjadi andalan PB PRSI setelah pada SEA Games di Laos 2009 berhasil membawa pulang medali emas.

Nizar mengungkapkan, Glenn Victor dan Triaji sudah 21 hari terakhir berlatih di Brisbane Australia dengan didampingi pelatih Gavin Uluquart.

"Kedua perenang itu akan langsung terbang ke Guangzhou pada 9 November mendatang dan langsung bergabung dengan anggota tim disana. Jadi untuk ke Asian Games mereka tidak pulang dulu ke Indonesia," kata Nizarudin.(*)
(ANT-132/I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010