Formula 1

Hamilton rebut pole position Grand Prix Hungaria

Hamilton rebut pole position Grand Prix Hungaria

Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton melakukan selebrasi setelah merebut pole position Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest, Sabtu (31/7/2021). ANTARA/Pool via REUTERS/David W Cerny

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton mengklaim pole position Grand Prix Hungaria untuk kedelapan kalinya setelah tampil tercepat di babak kualifikasi pada Sabtu.

Juara dunia tujuh kali itu mencatatkan waktu 1:15,419 untuk posisi start terdepan di Hungaroring, sedangkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas membawa Mercedes mengunci dua posisi start terdepan setelah finis dengan margin 0,315 detik, demikian laman resmi Formula 1.

"Lap kualifikasi yang luar biasa, kerja tim yang hebat dari semuanya, termasuk Valtteri yang mencoba dan mendorong mobil ke depan," kata Hamilton yang memiliki modal pole position untuk mengincar kemenangan ke-100 dalam kariernya pada Minggu nanti.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen memperbaiki catatan waktunya di lap terakhir Q3 namun tetap berada di P3 karena catatan Hamilton di lap pertama sesi itu cukup untuk mengamankan pole dengan margin 0,421 detik dari sang pebalap Red Bull. 

Baca juga: Hamilton unggul tipis dari Verstappen di FP3 GP Hungaria 

Sedangkan Sergio Perez bertahan di P4, dengan margin satu detik dari Hamilton, kendati gagal menjalani flying lap terakhir karena terlambat melintasi garis finis di Q3.

"Di sepanjang akhir pekan ini kami sedikit tertinggal dan ini tampak di kualifikasi," ujar Verstappen.

"Kami masih di sana, di P3, dan kita lihat apa yang bisa kami lakukan, tapi ini tidak seperti yang saya inginkan. Daya cengkeramnya tinggi dengan ban (soft), jadi ini akan memberi kami kesempatan ketika start," tambahnya. 

Pierre Gasly tampil konsisten sejak sesi latihan bebas dan mengamankan P5 untuk tim AlphaTauri setelah mengalahkan pebalap McLaren Lando Norris yang melengkapi baris ketiga.

Charles Leclerc menjadi pebalap Ferrari terdepan di P7 setelah rekan satu timnya, Carlos Sainz menyebabkan bendera merah dikibarkan di sesi Q2 setelah ia kehilangan kendali mobilnya hingga menabrak pagar pembatas di tikungan terakhir.

Sainz tidak cedera tetapi mendapati mobil SF21-nya mengalami kerusakan cukup berarti. Gagal meneruskan sesi, sang pebalap Spanyol akan start dari P15 di belakang Daniel Ricciardo, Lance Stroll, Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi yang sama-sama tereliminasi di Q2.

Duet tim Alpine Esteban Ocon dan Fernando Alonso menghuni P8 dan P9, sementara Sebastian Vettel dari tim Aston Martin melengkapi posisi sepuluh besar. 

Baca juga: Red Bull pecat satu anggotanya karena pesan berbau rasisme 

F1 menuju ke Hungaroring untuk menggelar balapan terakhir di paruh pertama musim sebelum jeda musim panas.

Dijuluki sirkuit Monako tanpa pagar pembatas, Hungaroring merupakan trek yang sempit, berliku dan menyulitkan pebalap melakukan overtaking.

Melihat hasil positif di Monako, Red Bull dan Ferrari optimistis meraih hasil positif, sedangkan Mercedes mengantisipasi kecepatan rival-rivalnya itu.

Lewis Hamilton memiliki rekor delapan kemenangan di Hungaroring, paling banyak di antara siapapun. Dan kini juara dunia tujuh kali itu memangkas defisit 33 poin dari Max Verstappen menjadi delapan poin saja berkat kemenangan kontroversial di GP Inggris setelah keduanya terlibat tabrakan.

Steward balapan pada Kamis telah menolak petisi Red Bull untuk meninjau ulang insiden tabrakan di Silverstone tersebut karena tim yang bermarkas di Milton Keynes itu dianggap tidak menyajikan bukti-bukti baru. 

Verstappen di Hungaria menggunakan kembali power unit yang dipakai saat mengalami kecelakaan di Silverstone setelah Honda memberi lampu hijau, menyatakan kelayakan mesin tersebut digunakan di sepanjang akhir pekan di Hungaroring. 

Baca juga: Steward tolak petisi Red Bull untuk tinjau ulang insiden di GP Inggris 
Baca juga: Lampu hijau dari Honda, Verstappen tak perlu ganti mesin di Hungaria 

Rookie Mick Schumacher tidak mengikuti sesi kualifikasi setelah mengalami kecelakaan di FP3 yang tak memberi cukup waktu mekanik tim Haas memperbaiki mobil sang pebalap Jerman, yang akan start dari posisi terakhir.

Hasil kualifikasi GP Hungaria
1 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:15,419
2 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1:15,734
3 Max Verstappen Red Bull Racing 1:15,840
4 Sergio Perez Red Bull Racing 1:16,421
5 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda 1:16,483
6 Lando Norris McLaren F1 Team 1:16,489
7 Charles Leclerc Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:16,496
8 Esteban Ocon Alpine F1 Team 1:16,653
9 Fernando Alonso Alpine F1 Team 1:16,715
10 Sebastian Vettel Aston Martin Cognizant Formula One Team 1:16,750
11 Daniel Ricciardo McLaren F1 Team
12 Lance Stroll Aston Martin Cognizant Formula One Team
13 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing Orlen
14 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing Orlen
15 Carlos Sainz Scuderia Ferrari Mission Winnow
16 Yuki Tsunoda Scuderia AlphaTauri Honda
17 George Russell Williams Racing
18 Nicholas Latifi Williams Racing
19 Nikita Mazepin Uralkali Haas F1 Team
20 Mick Schumacher Uralkali Haas F1 Team 

Baca juga: Bos Mercedes pandang kritik Red Bull terhadap Hamilton tak adil 
Baca juga: Bottas pimpin serangan Mercedes di FP2 GP Hungaria 
Baca juga: Verstappen kalahkan duet Mercedes di FP1 GP Hungaria 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar