Festival Film Venesia wajibkan peserta tunjukkan bukti vaksinasi

Festival Film Venesia wajibkan peserta tunjukkan bukti vaksinasi

Aktris Italia Cristina Capotondi berjalan di atas karpet merah saat acara untuk film "La Rancon de la gloire" di Festival Film Venesia, Italia, Kamis (28/8). (ANTARA FOTO/REUTERS/Tony Genti)

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Venesia mewajibkan para peserta dan tamu untuk menunjukkan bukti telah divaksinasi, The Hollywood Reporter melaporkan pada Selasa.

Festival sendiri berhasil digelar berkat pedoman baru yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan Italia yang akan memudahkan pengunjung internasional dari luar Eropa untuk menghadiri acara yang berlangsung pada 1-11 September itu.

Baca juga: Serial "On The Job" bersaing di festival film Venesia

Peraturan baru, yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Italia pekan lalu, menyatakan bahwa negara itu sekarang akan mengakui sertifikat COVID-19 – mengkonfirmasikan vaksinasi, hasil tes COVID-19 negatif atau sertifikat pemulihan – yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Israel dan Inggris, serta Uni Eropa.

Dokumen dari lima negara tersebut akan diakui oleh Italia dengan cara yang sama seperti sertifikat COVID digital negara itu sendiri, yang dikenal sebagai “Green Pass.” Bagaimana pun, peraturan baru itu tidak akan membebaskan peserta Inggris dari persyaratan untuk mengisolasi diri selama lima hari setelah tiba di Italia.

Semua peserta festival akan memerlukan sertifikat resmi yang membuktikan bahwa mereka telah divaksinasi sepenuhnya, telah pulih dari infeksi COVID, atau memiliki tes antigen negatif untuk dapat memasuki bioskop dan pemutaran film di Venesia 2021.

Keputusan baru ini merupakan kabar baik bagi Venesia, yang berharap tahun ini dapat menarik lebih banyak pemain industri, jurnalis internasional, dan penggemar film secara signifikan daripada yang dapat menghadiri acaranya pada tahun lalu yang lebih terbatas.

Baca juga: Festival Film Venesia 2021 umumkan deretan "line-up"

Delegasi film dan talenta karpet merah, yang menghadiri Italia karena "alasan pekerjaan," dibebaskan dari peraturan karantina selama mereka tidak tinggal lebih lama dari lima hari di negara itu.

Dalam sebuah wawancara, direktur artistik Venesia Alberto Barbera mengatakan dia berharap Venesia 2021 akan menjadi "festival pertama dari era baru," menandai kembalinya ke bioskop di seluruh dunia."

Pemilihan tahun ini tentu terlihat terbaik, dengan pemutaran perdana dunia dari judul-judul besar seperti "Dune" karya Denis Villeneuve, film biografi Putri Diana karya Pablo Larrain "Spencer" yang dibintangi oleh Kristen Stewart, film karya Ridley Scott "The Last Duel", dan "The Power of the Dog" yang merupakan film Jane Campion sejak "Bright Star" (2009).

Festival Film Venesia 2021 dimulai 1 September dengan pemutaran perdana dunia "Parallel Mothers" karya Pedro Almodóvar yang dibintangi Penelope Cruz.


Baca juga: Festival Film Cannes mundurkan jadwal perilisan daftar seleksi film

Baca juga: "Dune" dikabarkan tayang perdana di Festival Film Venesia 2021

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar