Tren peminat Vaksin Merdeka di Jakarta Barat semakin meningkat

Tren peminat Vaksin Merdeka di Jakarta Barat semakin meningkat

Sejumlah petugas medis mengukur tekanan darah warga sebelum mengikuti Vaksinasi Merdeka di Jakarta Timur, Senin (2/8/2021). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

Trennya naik terus.  Per hari bisa naik 1.000 sampai 5.000 peserta
Jakarta (ANTARA) - Tren peminat Program Vaksin Merdeka di Jakarta Barat setiap hari makin meningkat sehingga diharapkan sebelum 17 Agustus 2021 seluruh warga di daerah itu sudah mendapatkan vaksin.

"Trennya naik terus.  Per hari bisa naik 1.000 sampai 5.000 peserta," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Ady Wibowo, di Jakarta Barat, Rabu.

Ia memberikan contoh pada 1 Agustus pesertanya sebanyak 11.458 orang, pada 2 Agustus sebanyak 17.699 dan tiga Agustus sebanyak 18.167.

Oleh karena itu, Adi mengapresiasi antusiasme warga dalam mengikuti program vaksinasi massal itu.

Menurut dia, ini menandakan warga sudah mulai sadar akan pentingnya vaksin di tengah pandemi.

Ia juga mengatakan, untuk memaksimalkan program yang dicanangkan Kapolda Metro Jaya ini, pihaknya mengandeng ratusan tenaga medis untuk memberikan vaksin kepada warga.

Baca juga: Selama dua hari, Vaksin Merdeka di Jakbar diikuti 29.200 warga

"Kami gandeng 433 tenaga kesehatan," kata Ady.

Dia juga berharap sebelum hari kemerdekaan pada 17 Agustus nanti, seluruh warga Jakarta Barat sudah divaksin oleh pemerintah.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan sebanyak 209 rukun warga (RW) di Jakarta Barat jadi perhatian untuk mengikuti gerakan Vaksin Merdeka karena menunjukkan tingkat pencapaian yang rendah.

Untuk mengatasi pencapaian vaksinasi yang rendah pada 209 RW di Jakarta Barat itu, Fadil menempatkan 209 gerai vaksin agar masyarakat tergerak mengikuti vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

"Artinya ada 209 titik kami laksanakan vaksin. Kami harap semangat kemerdekaan jadi momentum kita untuk gerak bersama-sama," kata Fadil saat ditemui di lokasi gerai Vaksinasi Merdeka Yayasan Tarbiyah Islamiah Al-Alawiyah, Kembangan, Jakarta Barat.

Fadil pun sempat memantau gerai vaksinasi yang dikunjungi dan mengaku senang lantaran banyak warga yang datang untuk mengikuti program tersebut.

Baca juga: Polda Metro hadirkan Vaksinasi Merdeka untuk sambut HUT Kemerdekaan RI

"Contohnya di RW 06 ada 960 belum divaksin dan sudah mendaftar, di RW lainnya ada 790 kalau ditambah ada 1.600 lebih," ujar Fadil

Melalui program itu, Fadil berharap angka penyebaran COVID-19 di Jakarta semakin menurun.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jelang HUT RI, 95 persen warga Jakarta sudah divaksin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar