Jakarta (ANTARA) - April Ross dan Alix Klineman memenangkan medali emas Olimpiade yang pertamanya untuk Amerika Serikat dalam voli pantai putri sejak 2012 ketika mereka mengalahkan pasangan Australia Mariafe Artacho del Solar dan Taliqua Clancy dalam Olimpiade Tokyo 2020, Jumat.

Di bawah seruan "U-S-A" dari 20 staf kontingen voli pantai AS, duo AS itu terlalu kuat bagi lawannya untuk menang 21-13, 21-15 di tengah sengatan sinar mentari dengan suhu di atas 32 derajat Celcius.

"Membantu sekali bisa mendengar delegasi kami berteriak," kata Ross seperti dikutip Reuters.

Baca juga: April Ross atlet voli pantai putri bermedali terakhir yang bertahan

Kekecewaan terakhir Australia adalah saat servis mereka menyangkut net yang membuat Klineman dan Ross memperoleh poin kemenangan.

Pasangan Swiss Anouk Verge-Depre dan Joana Heidrich merebut medali perunggu setelah mengalahkan duo Latvia Tina Graudina dan Anastasija Kravcenoka 21-19 21-15.

Ini adalah medali perunggu Swiss pertama dalam nomor putri voli pantai Olimpiade. Pada 2004 putra mereka memenangkan medali perunggu.

AS yang menjadi tempat kelahiran voli pantai dan Brazil mendominasi voli pantai sejak dipertandingkan dalam Olimpiade pada 1996.

Baca juga: Laga pembuka voli pantai Olimpiade Tokyo tak bergulir karena COVID-19
Baca juga: Pelatih voli pantai Ceko positif COVID-19 di Kampung Atlet Olimpiade

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021