Olimpiade

Tim bola basket dan voli putri AS di ambang sabet emas Olimpiade

Tim bola basket dan voli putri AS di ambang sabet emas Olimpiade

Para pemain bola voli putri AS merayakan kemenangan atas Serbia dalam semifinal di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, 6 Agustus 2021. (REUTERS/VALENTYN OGIRENKO)

Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli dan basket putri Amerika Serikat hari ini melawan tim dari negara yang sama Serbia dalam semifinal dua cabang olahraga Olimpiade itu, dan keduanya dimenangkan oleh Amerika Serikat.

Tim bola voli putri AS di ambang memenangkan medali emas ketujuh berturut-turutnya setelah dengan mudah melumat Serbia 79-59 dalam semifinal di Saitama Super Arena, Tokyo.

Britney Griner mencetak double double untuk memimpin timnya dengan 15 poin dan 12 rebound. Tapi dia tidak peduli dengan pencapaian pribadinya.

Baca juga: Tim basket putri AS maju ke semifinal Olimpiade

"Ketika Anda sudah menjalani pertandingan, Anda tidak terlalu ingat siapa yang melakukan apa, apa yang dilakukan apa, siapa yang mendapat berapa poin," kata Griner yang bermain untuk Phoenix Mercury dan peraih emas Olimpiade 2016. "Anda hanya ingat bersenang-senang dengan semua orang dan mendapatkan emas."

AS yang diisi para bintang WNBA akan memperebutkan medali emas Minggu nanti melawan pemenang playoff Prancis atau Jepang yang pertama kali masuk semifinal Olimpiade.

Tim basket putri AS lebih dominan daripada putranya karena sudah delapan kali meraih medali emas sejak 1976. Kemenangan atas Serbia hari ini adalah kemenangan ke-54 yang mereka raih dalam Olimpiade.

Serbia yang juara Eropa akan berlaga lagi esok Sabtu untuk memperebutkan medali perunggu.

Baca juga: Ringkasan basket Olimpiade: Belgia, China jejaki perempat final putri
Baca juga: Lumat Argentina, Australia tantang AS pada semifinal basket putra


Sementara itu tim bola putri AS juga mengalahkan tim Serbia yang merupakan juara dunia, tiga set langsung. Peraih medali perunggu Olimpiade Rio itu melangkah ke final setelah menang 25-19 25-15 25-23 di Ariake Arena.

Andrea Drews membuat 17 poin, sedangkan spiker Jordan Larson mencetak 15 poin. Ace spiker Jordan Thompson masih tak bisa bermain karena cedera pergelangan kaki.

Dari kubu Serbia, Tijana Boskovic mencetak 19 poin dan tiga blok. Serbia kesulitan membendung serangan bervariasi AS.

Tim putri AS tiga kali meraih medali perak dan dua perunggu, namun tak pernah memenangkan medali emas Olimpiade.

Larson yang sudah berusia 34 tahun turun dalam Olimpiade yang ketiganya dan dia sudah mengoleksi satu medali perang dan satu medali perunggu.

"Semoga saya bisa menyempurnakan seri ini," kata dia seperti dikutip Reuters.

Tim voli putri AS akan menghadapi pemenang semifinal lainnya antara Brazil dan Korea Selatan yang sampai berita ini disiarkan, masih berlangsung.

Baca juga: Tim voli putri Korea singkirkan Turki dari pentas Olimpiade Tokyo
Baca juga: Tim voli putri China berambisi raih medali emas Olimpiade Tokyo

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar